Transaksi jasa rental pengetikan skripsi sistem paket dalam perspektif hukum Islam: studi kasus di rental Biecomp Jemur Wonosari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur 'Aini, Nur 'Aini (2009) Transaksi jasa rental pengetikan skripsi sistem paket dalam perspektif hukum Islam: studi kasus di rental Biecomp Jemur Wonosari Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur 'Aini_C32205002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini menjawab bagaimana deskripsi akad jasa pengetikan skripsi dengan "sistem paket" di Rental Biecomp Jemurwonosari Surabaya dan menjawab bagaimana tinjaun hukum Islam terhadap akad jasa pengetikan skripsi dengan "sistem paket" di Rental Jemurwonosari Surabaya. Skripsi ini merupakan basil penelitian lapangan (field research) di Rental Biecomp Jemurwonosari Surabaya dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan studi dokumen. Selanjutnya data yang berhasil di kumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif analisis yaitu metode yang diawali dengan menjelaskan atau menggambarkan data basil penelitian, yaitu data tentang akad jasa pengetikan skripsi dengan sistem paket di Rental Biecomp Jemurwonosari Surabaya. Selanjutnya data tersebut akan dianalisis dalam perspektif hukum Islam. Hasil penelitian yang diperoleh adalah akad jasa pengetikan skripsi dengan sistem paket di Rental Biecomp Jemurwonosari Surabaya adalah jenis pekerjaan di bidang jasa yang bentuk kerja samanya dengan akad yang disepakati di depan, adanya kejelasan gaji dan upah yang disepakati oleh kedua belah pihak dan batas waktu yang telah ditentukan telah jelas dan sesuai dengan yang ditetapkan oleh rental. Dalam tinjauan hukum Islam sistem paket yang ada di Rental Biecomp dapat memenuhi syarat sah ji'alah, yaitu adanya lafadz akad, adanya orang yang menjanjikan upah, adanya pekerjaan yang akan dilakukan, dan adanya upah yang dibayarkan. Akad ji'alah dalam aplikasi akad jasa pengetikan skripsi sistem paket, tidak ada hal-hal yang dapat membatalkan akad dari transaksi tersebut. Selanjutnya dalam pengetikan sistem paket meskipun batas waktu tidak diketahui, tapi dapat diperkirakan kapan waktu berakhirnya perjanjian tersebut.karena para pihak yang mengadakan akad masih bersepakat untuk menyelesaikan akad. Dari pertimbangan tersebut akad pengetikan sistem paket dapat memenuhi syarat sah ji' alah. Ulama' Hanafiyah tidak menetapkan pekerjaan tentang awal waktu akad. Sedangkan Ulama' Syafi'iyah mensyaratkan, sebab kalau tidak dibatasi hal itu menyebabkan tidak diketahuinya awal waktu yang wajib dipenuhi. Hendaknya Rental Bie Comp dapat melakukan transparansi akad kepada konsumen secara transparan dan terbuka yang mencantumkan kelebihan dan kekurangan dari sistem paket skripsi, sehingga produk jasa pengetikan skripsi sistem paket akan Iebih dapat dipasarkan (marketable). Dalam perkembangannya diharapkan dapat menumbuhkan sistem-sistem transaksi lain yang berlandaskan syara' agar prinsip saling menguntungkan ada antara pemberi jasa dan konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur 'Aini, Nur 'AiniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perjanjian
Uncontrolled Keywords: Jasa rental; pengetikan skripsi sistem paket; hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2018 08:29
Last Modified: 16 Mar 2018 08:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23874

Actions (login required)

View Item View Item