Kontribusi KH. Kasnari Hadi dalam perkembangan Muhammadiyah di Kabupaten Bojonegoro pada tahun 1990-2000

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naim, Nuri (2018) Kontribusi KH. Kasnari Hadi dalam perkembangan Muhammadiyah di Kabupaten Bojonegoro pada tahun 1990-2000. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nuri Naim_A02212089.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti beberapa masalah, yaitu: (1) Bagaimana Biografi KH. Kasnari Hadi; (2) Bagaimana Perkembangan Muhammadiyah di Bojonegoro pada tahun 1990-2000, dan (3) Apa saja Kontribusi KH. Kasnari Hadi bagi Muhammadiyah di Bojonegoro. Permasalahan-permasalahan tersebut akan penulis teliti dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan Biografis dan Historis. Pendekatan biografis adalah pendekatan dengan rujukan eksplisit terhadap kehidupan, kepribadian, dan pengalaman seseorang, atau suatu subyek dengan berbagai latar belakang. Sedangkan pendekatan historis bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan asal-usul perkembangan serta pertumbuhan suatu agama. Adapun teori yang digunakan sesuai teori yang diutarakan oleh Max Weber yaitu kepemimpinan. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode sejarah yaitu melalui tahapan Heuristik, Kritik sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, KH. Kasnari Hadi lahir di Bojonegoro pada tahun 1948, dia meninggal pada tahun 2015. Ia adalah ketua PDM Bojonegoro yang dikenal dengan kesederhanaan dan mempunyai wawasan ilmu yang luas dalam memimpin Muhammadiyah Bojonegoro (1990-2000). Kedua, Perkembangan Muhammadiyah di Bojonegoro selama sepuluh tahun mengalami perubahan baik dari aspek struktur keorganisasian, amal usaha, maupun sarana prasarananya Muhammadiyah. Ketiga, kontribusi KH. Kasnari Hadi dalam bidang amal usaha pendidikan misalnya, KH. Kasnari Hadi berhasil mendirikan beberapa lembaga pendidikan formal baru. Juga dalam bidang sosial adanya toleransi antar umat beragama, mengasuh anak yatim, bakti sosial setahun sekali. Serta dibidang keagamaan dia memberikan ceramah-ceramah keagamaan kepada masyarakat Bojonegoro pada khususnya dan masyarakat Islam pada umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naim, Nurinurinaim456@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Muhammadiyah
Sejarah
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Muhammadiyah Bojonegoro
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Naim Nuri
Date Deposited: 16 Mar 2018 08:02
Last Modified: 16 Mar 2018 08:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23871

Actions (login required)

View Item View Item