Pengaruh pemahaman agama dan lingkungan terhadap perilaku perempuan hamil di luar nikah di Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausita, Rizky Sabila (2018) Pengaruh pemahaman agama dan lingkungan terhadap perilaku perempuan hamil di luar nikah di Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rizky Sabila Firdausita_F02115038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perilaku yang tampak pada masa anak-anak mengalami banyak perubahan dari aspek fisik maupun psikis. Pembentukan sikap kepribadian muslim yang taat kepada Allah dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, hanya dapat dilakukan melalui pendidikan Agama Islam. Pada sisi lain, terdapat hal yang dianggap berpengaruh pada pembentukan perilaku yaitu lingkungan. Lingkungan yang dianggap berpengaruh pada pembentukan perilaku ada tiga, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemahaman Agama, Lingkungan, Perilaku Perempuan Hamil di Luar Nikah di Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan dan mengetahui Pengaruh Pemahaman Agama dan Lingkungan terhadap Perilaku Perempuan Hamil di Luar Nikah di Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan serta untuk mengetahui pengaruh mana yang lebih dominan antara Pemahaman Agama dan Lingkungan. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan menggunakan metode Penelitian Kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistic dengan tujuan untuk menguji Hipotesis yang telah ditetapkan. Pada penelitian ini, data primer berupa hasil kuesioner yang disebarkan kepada responden serta wawancara kepada pihak-pihak yang dianggap penting dalam penelitian. Kuesioner di sebarkan dengan bentuk angket kepada 40 perempuan yang hamil di luar nikah dalam rentang waktu 10 tahun yaitu tahun 2007 sampai 2017. Data sekunder dalam penelitian ini berupa dokumen mengenai gambaran umum Desa. Didukung juga dengan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian, Uji analisis data digunakan analisis statistik SPSS versi 20 untuk menguji hipotesis karena data berbentuk interval, maka digunakan korelasi Regresi Linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Berdasarkan temuan penelitian tingkat pemahaman Agama pada masyarakat di Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan baik, dibuktikan pada hasil distribusi jawaban responden pada variabel pemahaman Agama sebanyak 52,7% responden memberikan pilihan jawaban pada kategori baik. 2. Berdasarkan temuan penelitian perilaku perempuan di Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan masih baik, dengan dibuktikan jawaban responden pada variabel perilaku perempuan, dimana sebagian besar responden memberikan jawaban baik sebesar 51,1%. 3. Berdasarkan temuan penelitian pemahaman Agama mempunyai hubungan yang signifikan dan berpengaruh terhadap perilaku perempuan. Hal ini menunjukkan semakin baik tingkat pemahaman Agama, maka perilaku perempuan akan lebih baik. 4. Berdasarkan temuan penelitian lingkungan mempunyai hubungan yang signifi kan dan berpengaruh terhadap perilaku perempuan. Hal ini menunjukkan semakin baik lingkungan, maka perilaku perempuan itu akan lebih baik. 5. Dari temuan penelitian diperoleh informasi bahwa pemahaman Agama mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap perilaku perempuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi dengan nilai tingkat signifikansi paling rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausita, Rizky SabilaFirdausita01@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perilaku
Keywords: Pemahaman agama; lingkungan; perilaku perempuan hamil di luar nikah
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Firdausita Rizky Sabila
Date Deposited: 20 Mar 2018 03:56
Last Modified: 20 Mar 2018 03:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23864

Actions (login required)

View Item View Item