Bimbingan konseling penanganan perilaku anak membantah: studi pengembangan paket bagi orang tua di Lembaga Pembinaan Al Qur'an Al Hidayah Desa Rejoagung Ploso Jombang

Ayatika, Arina (2010) Bimbingan konseling penanganan perilaku anak membantah: studi pengembangan paket bagi orang tua di Lembaga Pembinaan Al Qur'an Al Hidayah Desa Rejoagung Ploso Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arina Ayatika_B03206005.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23851

Abstract

Ada dua pennasalahan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana paket penanganan prilaku anak membantah yang efektif bagi orang tua?, (2)Bagaimana respon dari orang tua santri, setelah diadakan bimbingan paket penanganan prilaku anak membantah bagi orang tua? Untuk mengetahui permasalahan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka penulis menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan menggabungkan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara, observasi, saran, kritik, dan komentar tertulis dalam angket maupun catatan basil wawancara. Sedangkan data kuantitatif diperoleb dengan menggunakan skala penilaian yang berupa angket. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam menangani perilaku anak membantah (usia 3-5 tabun), dibutuhkan paket dan pelatiban agar dapat membantu para orangtua dalam menangani perilaku membantah pada anak. Paket yang telah dirancang berisikan tiga materi yaitu: (1) Pentingnya membangun empati, (2) Faktor penyebab anak membantah, (3) Cara menangani perilaku anak memba,ntah. Dalam pelatihan terdapat tiga kegiatan, yaitu: (1) Pembukaan yang berisi penjelasan sekilas tentang isi dari acara pelatihan, (2) Teknik Role Playing (bennain peran), (3) Refleksi dan evaluasi. Untuk mengetahui keefektifan paket, diadakan uji ahli, setelah paket diuji oleh tim ahli, didapatkan basil penilaian akhir sebesar 80% yang masuk dalam kategori sangat efektif Untuk mengetahui respon dari para peserta atau orangtua santri di Lembaga Pembinaan Al-Qur'an Al­ Hidayah setelah di adakannya bimbingan atau pelatihan, diadakan uji kelompok terbatas dan dari basil penilaian kuantitafif dengan menggunakan skala penilaian angket, didapatkan basil akhir respon orangtua santri sebesar 87,33% , berdasarkan standart uji prosentase kuantitatif masuk dalam katagori sangat baik atau positive.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Santoso, Agus
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling; membantah; pengembangan paket
Subjects: Bimbingan Konseling
Perilaku
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2018 06:52
Last Modified: 15 Mar 2018 06:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23851

Actions (login required)

View Item View Item