Tinjauan fiqih siyasah terhadap kedudukan dan kewenangan Komisi Hukum Nasional: studi analisis Keputusan Presiden nomor 15 tahun 2000 tentang Komisi Hukum Nasional

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifa'i, Muhammad (2010) Tinjauan fiqih siyasah terhadap kedudukan dan kewenangan Komisi Hukum Nasional: studi analisis Keputusan Presiden nomor 15 tahun 2000 tentang Komisi Hukum Nasional. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rifa'i_C03205030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana kedudukan dan kewenangan Komisi Hukum Nasional dalam supremasi hukum di Indonesia? Dan bagaimana analisis fiqih siyasah terhadap kedudukan dan kewenangan Komisi Hukum Nasional?. Data penelitian ini dihimpun melalui pembacaan dan kajian teks dan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif analisis, yaitu menggambarkan secara utuh tentang Komisi Hukum Nasional yang kemudian dianalisis dalam kerangka konsep ketatanegaraan Indonesia dan fiqih siyasah. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kedudukan Komisi Hukum Nasional yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden No. 15 tahun 2000 tentang Komisi Hukum Nasional adalah sebagai lembaga negara bantu, yang sumber kewenangannya murni berasal dari Presiden sebagai kepala pemerintahan. Sedangkan kewenangan dan eksistensi Komisi Hukum Nasional dalam supremasi hukum di Indonesia sangatlah urgen. Karena KHN merupakan satu-satunya lembaga negara bantu yang berwenang membantu presiden dengan bertindak sebagai panitian pengarah dalam mendesain suatu rencana umum untuk pembaharuan dalam bidang hukum. Dibentuknya HKN sebagai lembaga negara bantu yang mempunyai fungsi kepenasehatan, sesuai dan tidak bertentangan dengan dengan prinsisp- prinsip kepenasehatan dalam fiqih siyasah yaitu syura untuk mewujudkan kemaslahatan rakyat seperti fungsi yang dimiliki oleh Ahl al-Halli wa al-Aqdi dalam ketatanegaraan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifa'i, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Keywords: fiqih siyasah; Komisi Hukum Nasional
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2018 02:12
Last Modified: 13 Mar 2018 02:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23817

Actions (login required)

View Item View Item