Akulturasi budaya Islam dan budaya Jawa: studi tentang perilaku keagamaan masyarakat Islam tradisional di Desa Kejapanan Gempol Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Lukman (2009) Akulturasi budaya Islam dan budaya Jawa: studi tentang perilaku keagamaan masyarakat Islam tradisional di Desa Kejapanan Gempol Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lukma Hakim_E03204016.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23796

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam sk:ripsi ini adalah: 1. Bagaimanakah proses akulturasi budaya Islam dan Jawa dalam kaitannya dengan perilaku keagamaan masyarakat Islam tradisional di Kejapanan Gempol Pasuruan, 2. Bagaimana bentuk­ bentuk akulturasi budaya Islam dan budaya Jawa di Kejapanan Gempol Pasuruan. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif Sedangkan data yang digunakan adalah dari hasil penggalian data melalui observasi, dokumen dan interview. Anal isis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode deduktif yaitu mengemukakan data atau teori yang bersifat umum. Kemudian ditarik kesimpulan dan menghasilkan jawaban pennasalahan yang ada secara akurat. Kesimpulan dalam sekripsi ini bahwa telah terjadi akulturasi antara budaya Jawa yang dipengaruhi ajaran Hindu Budha dengan ajaran Islam di Desa Kejapanan kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Hal ini didasarkan timbulnya fenomena yang merupakan basil dari interaksi kelompok- kelompok manusia yang mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda bertemu dan mengadakan kontak secara Iangsung dan terns menerus, yang kemudian menimbulkan perubahan dalam pola-pola kebudayaan yang original dari salah satu kelompok atau pada kedua-duanya. Adapun proses akulturasi antara budaya Islam dan budaya Jawa di Desa Kejapanan terjadi secara substitusi, senkritisme dan adisi. Bentuk-bentuk akulturasi yang ada berupa: percampuran dari animisme dan dinamisme yang bersumber pada ajaran agama Hindu-Budha dengan ajaran Islam, penggantian kepercayaan dari animisme dan dinamisme yang bersumber pada ajaran agama Hindu-Budha dengan ajaran Islam yang mengalami persesuaian dan pemberian lebel dan makna yang baru dengan disesuaikan dengan ajaran Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Lukman--UNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Akulturasi budaya; budaya Islam; budaya Jawa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2018 07:26
Last Modified: 07 Mar 2018 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23796

Actions (login required)

View Item View Item