Tinjauan hukum Islam terhadap praktek gadai motor melalui makelar di Desa Gadung Driyorejo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghofur, Abdul (2010) Tinjauan hukum Islam terhadap praktek gadai motor melalui makelar di Desa Gadung Driyorejo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Ghofur_C02205104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk memberikan jawaban bagaimana proses gadai melalui makelar dan akibat hukumnya dari pelaksanaan gadai yang ada di desa Gadung Driyorejo. Data penelitian dihimpun melalui observasi, wawancara, pembacaan dan kajian teks (tex reading) dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kemudian kesimpulannya menggunakan logika deduktif. Gadai motor melalui makelar di Desa Gadung Driyorejo merupakan praktek gadai yang obyeknya adalah sepeda motor. Dalam prosesnya, penggadai menyerahkan kuasa kepada orang tertentu yang dikenal sebagai makelar untuk menggadaikan barangnya demi mendapatkan pinjaman sejumlah uang, yang diikuti penyerahan sepeda motor sebagai jaminan pelunasan apabila ingkar janji dan penyerahan gadai tersebut diperjanjikan secara lisan dengan memperoleh hak berupa komisi 10% dari nilai pinjaman dengan kewajiban menanggung resiko jika barang gadai hilang atau mengalami kerusakan berat. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa praktek gadai motor melalui makelar yang ada di Desa Gadung Driyorejo sesuai dengan ketentuan hukum islam karena pemberian kuasa dilakukan oleh orang yang berhak dan tidak ada unsur penipuan, sedangkan akad yang dipakai dalam gadai tersebut adalah akad wakalah. Berdasarkan kesimpulan di atas, perlu adanya penegasan dalam sebuah perjanjian meskipun hanya dengan sebuah ucapan agar tidak terjadi penyelewengan. jadi untuk langkah ke depannya, usaha gadai motor tersebut akan lebih berkembang karena tidak mengecewakan masyarakat terutama orang yang terkait dengan gadai motor tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghofur, Abdul--UNSPECIFIED
Subjects: Gadai
Hukum Islam
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; gadai motor; makelar
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2018 04:23
Last Modified: 02 Apr 2018 08:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23792

Actions (login required)

View Item View Item