Efektifitas pengawasan KUA terhadap pengelola benda wakaf: studi di KUA kecamatan Sedati-Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lukman, Irfakul (2009) Efektifitas pengawasan KUA terhadap pengelola benda wakaf: studi di KUA kecamatan Sedati-Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irfakul Lukman_C01303031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini untuk menjawab dua pertanyaan, yaitu Bagaimana pelaksanaan pengawasan KUA terhadap pengelola benda wakaf di KUA Kecamatan Sedati Sidoarjo ? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi efektivitas pengawasan KUA terhadap pengelola benda wakaf ? Data penelitian ini diperoleh dari KUA Kecamatan Sedati melalui daftar wawancara dan teknik dokumentasi penelitian selanjutnya di analisis dengan menggunakan metode deskriptif kemudian di ambil kesimpulan melalui pola pikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengawasan KUA selama ini masih belum efektif, karena KUA jarang melakukan sosialisasi terhadap para nadzir mengenai perwakafan. Sehingga, pengelola benda wakaf merasa belum tahu sepenuhnya apa yang seharusnya dilakukan oleh pengelola benda wakaf tersebut, serta kurangnya kerjasama KUA dengan tokoh agama dalam pelaksanaan pengawasan, dan terbatasnya waktu untuk melaksanakan pengawasan. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas atau tidaknya pelaksanaan pengawasan KUA terhadap pengelola benda wakaf di Kecamatan Sedati adalah, kurangnya sumber daya manusia KUA yang mampu dalam melaksanakan pengawasan, kurangnya kerjasama KUA dengan tokoh agama dalam melakukan pengawasan, dan terbatasnya waktu untuk melaksanakan pengawasan. Oleh karena itu dalam penyelesaian masalah pengawasan wakaf, hendaknya KUA sering mengadakan penyuluhan dan sosialisasi kepada para pengelola benda wakaf agar benar-benar paham mengenai apa yang harus dilakukan dan apa yang menjadi tanggung jawabnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lukman, Irfakul--UNSPECIFIED
Subjects: Wakaf
Keywords: Pengawasan KUA; benda wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2018 08:28
Last Modified: 02 Apr 2018 08:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23788

Actions (login required)

View Item View Item