Pengaruh penerapan strategi DAP (Developmentaly Appropriate Practice) dalam pembelajaran al Islam dengan tema akhlaq terhadap pembentukan akhlaqul-karimah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmawati, Siti (2012) Pengaruh penerapan strategi DAP (Developmentaly Appropriate Practice) dalam pembelajaran al Islam dengan tema akhlaq terhadap pembentukan akhlaqul-karimah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Rohmawati_D31208066.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi OAP adalah strategi yang mencerminkan suatu pembelajaran yang interaktif dan berpandangan konstrukti visme. Kunci dari pendekatan ini adalah prinsip bahwa anak pada dasamya membangun atau mengkonstruk sendiri pengetahuannya melalui interaksi dengan lingkungan sosial dan fisik mereka sehingga dalam strategi ini diharapkan efektif dalam membentuk kepribadian yang baik, maka disini penulis mengambil tema penelitian dengan judul Pengaruh Penerapan Strategi DAP (Developmentaly Appropriate Practice) Dalam Pembelajaran Al-Islam Dengan Tema Akhlaq Terhadap Pembentukan Akhlaqul-Karimah Siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif. Penyajian data akan peneliti uraikan secara jelas tentang obyek yang diamati serta menyajikannya dalam bentuk angka. Analisis yang digunakan adalah: ( 1 ) analisis tentang Pengaruh Penerapan Strategi OAP (Developmentallv Appropriate Practice) dalam pembelajaran Al-Islam dengan tema akhlaq terhadap pembentukan akhlaqul kari mah (2) anal isis statistik dengan menggunakan rumus Regresi Linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwapenerapan strategi OAP di SMP Muhammadiyyah 4 Gadung Surabaya dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong cukup baik, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 567.7%. Dan Proses Pembentukan Akhlaqul Karimah Siswa di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya tergolong cukup baik, hal ini ditunjukkan dengan jawaban B terbanyak, yaitu 147 dengan prosentasi sebanyak 474.2%. Dan Pengaruh penerapan strategi pembelajaran OAP (Developmentally Appropriate Practice) pada bidang study PAI terhadap pembentukan Akhlaqul Karimah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya terbukti kuat dengan bukti dapat diketahui melalui Koefisien regresi antara variabel strategi OAP (Developmentaly appropriate practice) (X) lebih besar dari Ttabel yaitu 5,768 > 2,042 dengan signifikansi 0,000. Sebagai konsekuensi Thitung > Ttabel, maka Ho ditolak atau Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmawati, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Perilaku
Uncontrolled Keywords: Strategi DAP; Developmentaly Appropriate Practice; pembelajaran al Islam; pembentukan akhlaqul-karimah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2018 06:43
Last Modified: 06 Mar 2018 06:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23784

Actions (login required)

View Item View Item