Implementasi metode bervariasi pada pelajaran Al Qur'an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Hasanuddin Sidoarjo

Silfiana, Yenny (2012) Implementasi metode bervariasi pada pelajaran Al Qur'an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Hasanuddin Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yeny Silfiana_D31208051.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23783

Abstract

Berangkat dari latar belakang yang penulis buat maka peneliti mengambil suatu rumusan masalah yaitu, 1) Bagaimana penerapan metode bervariasi pada pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Hasanuddin, 2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya metode bervariasi di MTs Hasanuddin Sidoarjo, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode bervariasi pada pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Hasanuddin Sidoarjo. Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah jenis penelitian kualitatif. Ini dilakukan karena penelitian kualitatif ini berusaha menampilkan secara utuh yang membutuhkan kecermatan dalam pengamatan. Disamping itu penelitian kualitatif penulis harus terjun langsung ke lapangan guna memperoleh data yang dibutuhkan. Disamping itu dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) metode yang sering diterapkan pada pelajaran Al-Qur'an Hadits adalah metode ceramah, drill, hafalan, tanya jawab, penugasan, dan resitasi. Sedangkan variasi metode yang sering diterapkan pada pelajaran Al-Qur'an Hadits seperti kombinasi antara metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, kombinasi metode drill dan ceramah, kombinasi metode hafalan, ceramah, dan tanya jawab, dll, 2) Motivasi belajar sebelum diterapkan metode bervariasi yaitu motivasi peserta didik sebelum diterapkan metode bervariasi peserta didik ada yang termotivasi tetapi kurang tinggi untuk menimbulkan motivasi belajamya dan ada pula peserta didik sebelum diterapkan metode bervariasi motivasi belajar mereka tidak ada, karena motivasi yang ada pada peserta didik belum nampak fokus pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, banyak yang ramai sendiri, sering mengobrol, dll. Sedangkan motivasi belajar sesudah diterapkan metode bervariasi yaitu motivasi peserta didik sesudah diterapkan metode bervariasi terlihat ada, karena setelah diterapkan metode bervariasi terlihat jelas sekali motivasi peserta didik dalam mengikuti pelajaran, peserta didik pun lebih konsentrasi, dan semangat lagi dalam proses pembelajaran., 3) Faktor pendukung penerapan metode bervariasi adalah: Siswa akan lebih tertarik pada pelajaran sehingga tidak menimbulkan kebosanan saat belajar, Siswa akan mudah paham terhadap pelajaran, Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar, Siswa akan terlatih dalam berpikir. Sedangkan faktor penghambat penerapan metode bervariasi adalah: Banyaknya perbedaan pendapat yang muncul di antara siswa, terbatasnya waktu, Siswa yang tidak bisa membaca tulisan Arab baik itu Ayat Al-Qur'an maupun hadits selalu acuh ketika di suruh membaca, Terlalu banyaknya siswa laki-laki daripada siswa perempuan menjadikan guru kesulitan mengkondisikan kelas.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sholeh, Moh.
Uncontrolled Keywords: Metode bervariasi; motivasi belajar
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2018 05:05
Last Modified: 06 Mar 2018 05:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23783

Actions (login required)

View Item View Item