Analisis hukum acara peradilan agama terhadap prosedur persidangan perkara perceraian pada sidang keliling di pengadilan agama Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Banun, Syari (2018) Analisis hukum acara peradilan agama terhadap prosedur persidangan perkara perceraian pada sidang keliling di pengadilan agama Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Syari Banun_C71214062.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Prosedur Pelaksanaan sidang keliling di Pengadilan Agama Nganjuk di dasari karena jumlah perkara pada tahun sebelumnya sangat banyak, akan tetapi dari segi akses transportasinya ke Pengadilan Agama Nganjuk sangat susah dijangkau. Waktu pelaksanaan sidang keliling hanya 1 bulan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Ketua Pengadilan Agama Nganjuk dimulai dari pembacaan surat gugatan atau permohonan hingga pada musyawarah Majelis Hakim dan pembacaan putusan. Hanya saja perkara yang bisa masuk dalam Sidang Keliling melalui pemilahan perkara yang wajar pada kantor Pengadilan Agama Nganjuk, dalam artian yang prosedurnya bisa diselesaikan pada saat sidang keliling berlangsung tanpa harus ada lintas Peradilan. Mengingat anggaran yang diberikan oleh DIPA sangat terbatas. Pada pelaksanaan sidang keliling yang diadakan Pengadilan Agama Nganjuk, dinilai dari pengamatan penulis sudah sesuai dengan hukum acara yang termaktub, yakni hukum acara yang berlaku pada persidangan biasa (litigasi reguler). Yang berbeda hanya pelaksanaannya yang dilakukan di luar gedung Pengadilan Agama Nganjuk, yakni di Kantor Balai Desa Warujayeng, Kecamatan Tanjunganom dan Balai Desa Kuncir Kecamatan Ngetos.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Banun, Syariaribanun@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Acara Perdata
Peradilan > Peradilan Agama
Uncontrolled Keywords: Sidang keliling; hukum acara peradilan agama; perceraian
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Banun Syari
Date Deposited: 06 Mar 2018 03:28
Last Modified: 06 Mar 2018 03:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23780

Actions (login required)

View Item View Item