Bimbingan konseling Islam dalam menangani miskomunikasi antara anak dan orang tua di Desa Jenangger Batang­ Batang Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hosniya, Hosniya (2010) Bimbingan konseling Islam dalam menangani miskomunikasi antara anak dan orang tua di Desa Jenangger Batang­ Batang Sumenep. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hosniya_B03206017.pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23768

Abstract

Ada tiga permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana dampak miskomunikasi antara anak dan orang tua di desa Jenangger Batang-Batang Sumenep. (2) Bagaimana proses pelaksanaan konseling dalam menangani miskomunikasi antara anak dan orang tua di desa Jenangger Batang-Batang Sumenep. (3) Bagaimana hasil dari pelaksanaan konseling dalam menangani miskomunikasi antara anak dan orang tua di desa Jenangger Batang-Batang Sumenep. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dampak miskomunikasi yang terjadi antara anak clan orang di desa jenangger Batang-Batang Sumenep, proses konseling yang dilakukan serta hasil akhir dari pelaksanaan konseling dalam menangani miskomunikasi antara anak dan orang tua di desa jenangger batang-batang sumenep. Untuk mengungkap masalah tersebut secara mendalam dan menyel uruh, penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta mengenai miskomunikasi yang terjadi antara anak dan orang tua, kemudian data tersebut dianalisis dengan deskriptif, yang mana analisa dilakukan hanya pada pelaporan yang menggambarkan keadaan dilapangan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dampak miskomunikasi yang terjadi antara anak dan orang tua yaitu: ( I ) Anak kelihatan patuh dan menurut terhadap kemauan orang tua (2) Anak merasa terpaksa menerima keputusan orang tuanya,(3) anak merasa kurang kasih sayang, merasa diabaikan, dan merasa tidak dihargai keberadaan dirinya oleh orang tuanya. Sedangkan proses konseling yang dilakukan yaitu menggunakan teknik Empty Chair dengan peran Top dog dan Under dog. Kemudian basil pelaksanaan konseling terlihat dari adanya perubahan sikap orang tua terhadap anak seperti: tidak suka membentak, tidak suka menyuruh, tidak peduli terhadap anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hosniya, Hosniya--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Bimbingan konseling Islam; miskomunikasi; empty chair
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2018 04:41
Last Modified: 05 Mar 2018 04:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23768

Actions (login required)

View Item View Item