Analisis tentang tradisi membaca surat-surat khusus dalam Al Quran oleh ustadz Ishadi sebagai terapi Islam di Duson Kanigoro Desa Keboharan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhajir, Muhammad Asy'aril (2010) Analisis tentang tradisi membaca surat-surat khusus dalam Al Quran oleh ustadz Ishadi sebagai terapi Islam di Duson Kanigoro Desa Keboharan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Asy'aril Muhajir_B03206003.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23767

Abstract

Masalah yang diteliti dalam Skripsi ini adalah: (1) Apa saja surat-surat yang dibaca oleh ustadz Ishadi pada tradisi membaca surat-surat khusus dalam al­ qura'an di Dususn Kanigoro Desa Keboharan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo (2) Bagaimana relevansi tradisi membaca surat-surat khusus dalam al­ qur'an oleh ustadz Ishadi di dusun Kanigoro desa Keboharan kecamatan Krian kabupaten Sidoarjo dengan terapi islam (3) Bagaimana aplikasi terapi islam pada tradisi membaca surat-surat khusus dalam al-qur'an oleh ustadz Ishadi di dususn kanigoro desa keboharan kecamatan krian kabupaten Sidoarjo (4) Bagaimana dampak tradisi membaca surat-surat khusus dalam alqur'an oleh ustadz Ishadi di dususn kanigoro desa keboharan kecamatan krian kabupaten sidoarjo pada keluarga. Untuk menjawab penelitian ini peneliti menggunakan analisis wacana yang data­datanya diolah dengan kualitatif deskriptif. Metode ini lebih fokus pada bagaimana mendapat data tentang surat-surat khusus yang dibaca, bagaiman relevansinya dengan terapi islam, serta aplikasi dan dampak dari teradisi tersebut. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa surat-surat yang diloaca oleh Ustadz lshadi adalah Surat Yaa Siin, Surat Al-Waaqi'ah, Surat Munafiquun, Surat Mulk, dan Surat Nuh. Tradisi tersebut mempunyai relevansi dengan terapi Islam dikarenakan Surat-surat yang dibaca mempunyai keutamaan untuk menyembuhkan penyakit hati seperti mudah marah, dan lain sebagainya Tradisi tersebut memiliki empat tahapan (1) Berwudhu' (2) Pembacaan Wasilah (3) Membaca Surat-surat Khusus dalam Al-Qur'an (4) dilanjutkan dengan obrolan­obrolan ringan tentang keluarga. Dampak dari terapi tersebut: bisa menahan emosi, adanya kenyamanan dalam menja1ani kebidupan, semuanya itu berdampak positif bagi keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhajir, Muhammad Asy'aril--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Surat-surat khusus; Al Quran; terapi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2018 04:31
Last Modified: 15 Mar 2018 05:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23767

Actions (login required)

View Item View Item