Implementasi pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreativitas siswa SMP unggulan Amanatul Ummah Surabaya

lndriawati, Lia (2012) Implementasi pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreativitas siswa SMP unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lia Indiawati_D31208039.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pembahasan pada pennasalahan bagaimana penerapan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya, bagaimana kreativitas belajar siswa kelas VIII di SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya, dan bagaimana implementasi pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII DI SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu, penelitian yang menjelaskan atau menggambarkan tentang implementasi pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreativitas siswa, dalam penelitian ini menggunakan 3 metode pengumpulan data yakni observasi, interview dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisis data penelitian maka basil yang didapatkan sebagai berikut: implementasi pendekatan konstriktivisme dalam pembelajaran PAI sudah sangat baik, sebab dalam pembelajaran siswalah yang berperan aktif dan guru hanya sebagai fasilitator. Dan kreativitas siswa SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya meningkat karena siswa sudah mencoba untuk mengembangkan fikirannya disetiap pembelajaran. Maka bisa disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan kreativitas siswa SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya sudah sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhri, Ach. Muhibbin
Uncontrolled Keywords: Pendekatan konstruktivisme; pembelajaran PAI; kreativitas belajar
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2018 04:00
Last Modified: 05 Mar 2018 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23766

Actions (login required)

View Item View Item