Implementasi metode pembe]ajaran al-Qur'an bi al-Taghanni dalam meningkatkan kefasihan membaca al-Qur'an anak di Madrasah Diniyah al-Misbah tapaan Bugul Kidul Pasunmn

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masrukhin, Masrukhin (2012) Implementasi metode pembe]ajaran al-Qur'an bi al-Taghanni dalam meningkatkan kefasihan membaca al-Qur'an anak di Madrasah Diniyah al-Misbah tapaan Bugul Kidul Pasunmn. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masrukhin_D01205230.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur'an merupakan salah satu kitab Allah yang ditunmkan melalui Nabi Muhammad Saw sebagai rahmat bagi seluruh alarn. Kcbcradaannya begitu penting di dalam kehidupannya manusia sebagai landasan dasar di dalam bertindak dan menjalani proses kehidupan di dunia. Kesuciannya sampai menjadikan pembacanya mendapatkan pahala dari A11ah SWT. Tetapi sebaliknya, ketika pembacaan lerhadap al-Qur'an tidak didasari dengan tata cara dan aturan bacaan yang jelas dan benar, maka justru ia mendapat kru1 Jaknat dari kitab tersebut. Oleh karena itu, berbagai metode yang dibuatnya untuk mempermudah umat Islam untuk belajar membacanya dengan baik di antara metode tersebut adalah metode bi al-taghanni. Mettode ini merupakan salah satu metode belajar membaca al­ Qur'an yang banyak diterapkan oleh masyarakat, sehingga penulis tertarik untuk meneliti metode ini dalam kaitannya dengan pengaruh implementasinya terhadap kefasihan membaca di lokasi Madrasah Diniyah Tapaan Bugul Kidul Pasuruan, dengan beberapa rumusan masalah, yaitu; bagaimana metode pembelajaran al­ Qur'an bi al-taghanni di Madrasah Diniyah al-Misbah? Dan bagaimana pengaruh implementasinya terhadap kefasihan membaca al-Qur'an anak di Madrasah Diniyah al-Misbah Tapaan Bugul Kidul Pasuruan? Dari dua rwnusan masalah itu, maka dapat ditemukan data bahwa metode untuk belajar membaca al-Qur'an bi al-taghanni di Madrasah al-Misbah Tapaan Bugul merupakan salah satu metode yang sangat cocok dan pas digunakan untuk kalangan pemuda sampai remaja, karena metode ini harus ditempuh dalam tiga tahap, yaitu tahap pengenalan huruf, makharij, sifat dan hukumnya. Kemudian, anak diperkenalkan cara membaca melalui contoh bacaan yang dicontohkan oleh pengajar yang mengampunya dan siswa mengikuti dan meniru bacaan itu setelahnya. Kemudian, setelah siswa-siswa mampu membaca dengan baik sesuai dengan tajwidnya, maka, mereka diajari tata cara membaca dengan irama, melalui belajar macam-macam lagu dan variasi iramanya. Sehingga anak-anak setelah selesai melalui tahapan ini dapat dipastikan bisa membaca al-Qur'an dengan baik dan indah seperti yang terjadi di Madrasah Diniyah al-Misbah Tapaan Bugul Kidul Pasuruan. Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya mereka yang pintar membaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masrukhin, MasrukhinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; bi al-taghanni; kefasihan membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2018 03:44
Last Modified: 05 Mar 2018 03:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23764

Actions (login required)

View Item View Item