Eksistensi Punk Perempuan dalam Masyarakat Patriarki: studi kasus di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilhami, Muhammad Faroh (2018) Eksistensi Punk Perempuan dalam Masyarakat Patriarki: studi kasus di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Faroh Ilhami_I73214022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana di dalam masyarakat yang masih memegang budaya patriarki, yaitu bagaimana budaya seorang laki-laki menjadi pemimpin dan mendominasi di dalam keluarga. Dalam masalah ini bagaimana perempuan yang seharusnya berada di rumah, tetapi di kecamatan pandaan begitu banyak perempuan yang menjadi punk dan seakan mendobrak budaya yang ada di dalam masyarakat tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai Eksistensi Punk Perempuan Dalam Masyarakat Patriarki. Dan rumusan masalah yang pertama, yaitu apa yang melatar belakangi munculnya punk. Kedua, bagaimana pandangan masyarakat terhadap punk perempuan. dan yang ketiga, bagaimana relasi antara punk laki-laki dan punk perempuan. Teori yang digunakan dalam menganalisis data yang diperoleh adalah teori feminisme radikal Elsa Gidlow.Dari hasil penelitian yang telah diperoleh di lapangan ditemukan bahwa eksisnya punk perempuan karena adanya faktor beberapa faktor, yang pertama masalah keluarga, kedua karena kesepian, ketiga karena ingin mandiri, dan keempat karena kesukaan terhadap musik punk.
Masyarakat sekitar begitu khawatir dengan banyaknya punk di sekitar lingkungan mereka, karena takut anak atau anggota keluarganya ikut komunitas punk yang menganggap mereka adalah menyimpang dari nilai dan norma masyarakat, oleh karena itu punk dianggap masih belum bisa di terima oleh masyarakat sekitar khususnya punk perempuan yang seharusnya berada di wilayah domestik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilhami, Muhammad Farohfarohilham28@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Gender
Masyarakat
Pemberdayaan > Perempuan
Uncontrolled Keywords: Punk; komunitas; jalanan; Patriarki
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ilhami Muhammad Faroh
Date Deposited: 12 Mar 2018 06:32
Last Modified: 12 Mar 2018 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23763

Actions (login required)

View Item View Item