Efektivitas metode quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas X di MAN Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yahya, Mahmud (2012) Efektivitas metode quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas X di MAN Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahmud Yahya_D01208198.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan basil penelitian lapangan tentang efektivitas Metode Quantum teaching terhadap basil belajar sisiwa pada mata pelajaran fiqih kelas x di MAN Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah yang pertama tentang bagaimana penggunaan metode Quantum Teaching dalam proses pengajaran mata pelajaran fiqih, kedua bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajan fiqih, ketiga bagaimana efektivitas dari metode Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas x di MAN Sidoarjo. Tentunya untuk memperkuat penelitian ini tercakup pula kajian teori tentang kedua variabel diatas. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, yakni metode yang menggunakan rumus-rumus statistik yang sesuai dengan permasalahan yang ada. Penggunaan metode Quantum Teaching di MAN Sidoarjo sudah dapat dikatakan baik karena diterapkanya serangkaian pedoman dalam Quantum Teaching. Hasil belajar siswa sangat bagus, hal ini dapat dilihat dari nilai siswa setelah diadakanya post test ada peningkatan 86,8%, dan dengan ketuntasan belajar 92%. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas dari metode Quantum Teaching terhadap basil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas x di MAN Sidoarjo, peneliti menggunakan rumus uji "t" pada taraf signifikansi I % dan 5 %, bahwa dengan df = 74, dalam bal ini diambil nilai yang terdekat = 70, berarti taraf 1% = 2,65 dan pada taraf 5 % = 2,00 berarti t0 > tt yaitu 2,65 < 3,97 > 2,00. Maka konsekuensinya (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, jadi kesirnpulannya adalah ada perbedaan yang sangat signifikan dalam penggunaan metode Quantum Teaching dibandingkan dengan pengajaran yang tidak menggunakan metode Quantum Teaching pada mata pelajaran fiqih di MAN Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yahya, MahmudUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Metode quantum teaching; hasil belajar; mata pelajaran Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2018 09:32
Last Modified: 02 Mar 2018 09:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23761

Actions (login required)

View Item View Item