Konsep pendidikan akhlak dalam perspektif lbn Miskawaih

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taifurrohman, Taifurrohman (2012) Konsep pendidikan akhlak dalam perspektif lbn Miskawaih. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Taifurrohman_D01206152.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi yang berjudul "Konsep Pendidikan Akhlak dalam perspektif lbn Miskawaih" ini adalah: 1. Bagaimana konsep Pendidikan Akhlak ? 2. Bagaimana Konsep Pendidikan akhlak dalam perspektif Ibn Miskawaih ? Berkaitan dengan itu, maka dalam penelitian Library Research m1 menggunakan metode Diskriptif Analisis terhadap semua literatur yang berkaitan dengan akhlak sehingga dari penelitian ini menghasilkan data-data documenter atau sumber tertulis. Dalam penelitian ini penulis membagi menjadi tiga tahap yaitu; menentukan masalah, pengumpulan data dan yang terakhir adalah analisis data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal yaitu bahwasanya walaupun Ibn Miskawaih adalah seorang filosof muslim namun dalam pemikirannya ia juga dipengaruhi oleh para filosuf yunani seperti aristoteles dan plato. Namun pengaruh tersebut tidak secara totalitas mempengaruhi pemikiran Ibn Miskawaih, hal ini terbukti dari penolakan Ibn Miskawaih terhadap sebagian pendapat orang yunani yang mengatakan bahwa akhlak tidak dapat berubah karena ia berasal dari watak dan pembawan, Baginya akhlak dapat dapat selalu berubah dengan kebiasaan dan latihan serta pelajaran yang baik. Dengan kata lain pendidikan sangat menentukan perubahan akhlak seseorang. Hal ini sesuai dengan misi utama di utusnya Nabi Muhammad Saw. yaitu untuk menyempumakan akhlak memlalui ajaran-ajaran beliau.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taifurrohman, TaifurrohmanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Biografi > Biografi Islam
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Konsep Ibn Miskawaih; akhlak; pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2018 08:49
Last Modified: 02 Mar 2018 08:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23760

Actions (login required)

View Item View Item