Bimbingan konseling Islam dalam mengatasi kecanduan facebook seorang remaja di Desa Mliriprawa Kecamatan Tarik Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Mashlihana, Kurnia (2011) Bimbingan konseling Islam dalam mengatasi kecanduan facebook seorang remaja di Desa Mliriprawa Kecamatan Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Kurnia Al Mashlihana_B03207023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Focus Penelitian adalah: ( I ) Apa saja faktor penyebab keca nduan facebook seorang remaja di Desa Mliriprawa Kecamatan Tarik Sidoarjo?. (2) Bagaimana proses bimbingan konseling Islam dalam mengatasi kecanduan facebook seorang remaja di Desa Mliriprawa Kecamatan Tarik Sidoarjo?. (3) Bagaimana hasil akhir pelaksanaan bimbingan konseling Islam dalam mengatasi keca nd uan facebook scorang remaja di Desa Mliri prawa Kecamatan Tarik Sidoajo? Dalam menjawab permasalahan tersebut. metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode wawancara. observasi dan doku mentasi. lalu dianalisis dengan menggunakan analisis deskri ptif yaitu metode yang mendeskripsikan tentang proses pelaksanaan konseling dalam mengatasi kecanduan facebook seorang remaja sampai pada hasil akhir pelaksanaan konsel ing. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa faktor penyebab kecanduan facebook adalah masalah kesepian dan pribadi yang introvert, yaitu klien bersifat tertutup sehingga dalam bergaul mengalami kesulitan untuk berteman maka facebook merupakan hiburan yang digunakan sehari-hari untuk chatting berjam­jam. namun berdampak pada diri klien yang membuatnya t idak dapat menghentikan aktivitas tersebut sehingga melalui kan segala hal. yaitu melalaikan waktu belajar. istirahat serta beribadah. kurang bersosialisasi. kesehatan menurun dan penyesalanya yang terus menerus di rasakan klien. Dalam penelitian ini proses konseling yang digunakan peneliti adalah terapi realitas. dengan pendekatan ini klien diha rapkan dapat menghadapi kenyataan yang sedang terjadi saat ini dan bertanggung jawab atas perilakunya. Disamping itu basil akhir pelaksanaan bimbingan konseling Islam dalam penelitian ini cukup berhasil terlihat dari perubahan perilaku klien setelah klien mendapatkan konseling. yaitu, sudah berani bergaul dengan teman, berkurangnya rasa sakit yang diderita klien serta berkurangnya chatting di facebook

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Mashlihana, KurniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Internet
Remaja
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling Islam; kecanduan facebook; remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:52
Last Modified: 01 Mar 2018 03:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23727

Actions (login required)

View Item View Item