Sejarah perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah Banjarsari Buduran Sidoarjo (1986-2016)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Mohammad Junaidin (2018) Sejarah perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah Banjarsari Buduran Sidoarjo (1986-2016). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Junaidin Abdillah_A02213059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Sejarah Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah Banjarsari Buduran Sidoarjo (1986-2016). Adapun masalah yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Sejarah Berdirinya Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah Banjarsari Buduran Sidoarjo? (2) Bagaimana Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah Banjarsari Buduran Sidoarjo? (3) Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah Banjarsari Buduran Sidoarjo? Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode historis, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: (1) Heuristik adalah pengumpulan data berupa arsip Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah serta sumber wawancara dengan para pengasuh Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah. (2) Kritik. (3) Interpretasi. (4) Historiografis. Sedangkan teori yang penulis gunakan adalah teori Continuity and Change oleh John Obert Voll, teori peranan oleh Levinson dan teori kepemimpinan oleh Max Webber. Ketiga teori ini dapat dilihat bagaimana pola sejarah dan perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah serta peran dan pola kepemimpinan KH. Ahmad Subroto dan Ustad Ainun Rofik dalam memimpin Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, (1) Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah didirikan pada tahun 1986, didirikan oleh KH. Ahmad Subroto dengan akta notaris Ny. Lilia Devi Inderawati S.H. Nomor 32 Tanggal 17 Juni 1986 dan berkedudukan di Buduran. (2) perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah terbagi menjadi 2 periode. Periode pertama (1986-1999) dan periode kedua (2000-2016), (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah terbagi dalam 2 faktor, ykni faktor internal yang berasal dari dalam diri yayasan dan faktor eksternl yang berasal dari luar yayasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Mohammad Junaidinjundunz.tralalah995@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Sejarah dan Perkembangan; Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Abdillah Mohammad Junaidin
Date Deposited: 27 Feb 2018 06:42
Last Modified: 27 Feb 2018 06:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23658

Actions (login required)

View Item View Item