Tinjauan hukum Islam dan Undang-Undang nomor 8 tentang perlindungan konsumen terhadap evenement pada transportasi online PT. Grab Indonesia Cabang Surabaya

Miftahurrohmah, Miftahurrohmah (2018) Tinjauan hukum Islam dan Undang-Undang nomor 8 tentang perlindungan konsumen terhadap evenement pada transportasi online PT. Grab Indonesia Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahurrohmah_C02214013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Hukum Islam Dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Evenement Pada Transportasi Online PT. Grab Indonesia Cabang Surabaya” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apasaja evenement yang terjadi terhadap konsumen PT. Grab Indonesia Cabang Surabaya dan bagaimana perlindungan konsumennya menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam hukum Islam jika ditinjau dari ushul fiqh praktek yang dijalankan oleh perusahaan PT. Grab Indonesia Cabang Surabaya ini sesuai dengan misinya sesuai dengan tujuan umum dari hukum syari’at atau maqas}id syari’ah yaitu untuk merealisasikan kemaslahatan hidup manusia dengan mendatangkan manfaat dan menghindari mudharat. Adanya jasa transportasi online memberikan kemudahan bagi konsumen dan mendatangkan rezeki bagi pemgemudi. Ketika terjadi evenement pada konsumen PT. Grab Indonesia, pihak perusahaan telah memfasilitasi layanan pengaduan yang terdapat dalam aplikasi Grab yaitu pusat bantuan. Dengan adanya pengaduan dari konsumen maka PT. Grab Indonesia Cabang Surabaya akan menindaklanjuti adanya pengaduan dari konsumen. Sesuai dengan asas keamanan dan keselamatan konsumen, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 memberikan jaminan atas keamanan dan keselamatan kepada konsumen dalam penggunaan, pemakaian, dan pemanfaatan barang dan/atau jasa yang dikonsumsi atau digunakan. Secara umum, tanggung jawab pelaku usaha terhadap kerugian yang diderita oleh konsumen diatur dalam ketentuan Pasal 19 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999. Secara umum, tanggung jawab pelaku usaha terhadap kerugian yang diderita oleh konsumen diatur dalam ketentuan Pasal 19 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999. Saran bagi PT. Grab Indonesia Cabang Surabaya segera membenahi aplikasi yang menjadi sumber transaksi antara mitra pengemudi/driver dengan konsumen. Karena dengan aplikasi, akad yang dijalankan oleh perusahaan akan diketahui di awal, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi mitra pengemudi/driver maupun konsumen. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperluas penelitian tidak hanya pada evenement pada PT. Grab Indonesia Cabang Surabaya, sehingga hasil yang diperoleh dapat bermanfaat bagi konsumen maupun perusahaan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sholihuddin, Muh.
Uncontrolled Keywords: Evenement; perlindungan konsumen; Transportasi online
Subjects: Fasilitas Umum
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miftahurrohmah Miftahurrohmah
Date Deposited: 28 Feb 2018 01:29
Last Modified: 28 Feb 2018 01:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23638

Actions (login required)

View Item View Item