Analisis sadd al-dhariah terhadap transaksi jual beli barang elektronik di Pasar Malam Wonokromo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanafi, Afrizal (2018) Analisis sadd al-dhariah terhadap transaksi jual beli barang elektronik di Pasar Malam Wonokromo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afrizal Hanafi_C72214056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana transaksi jual beli barang elektronik di pasar malam Wonokromo dan bagaimana analisis Sadd al-Dhari>’ah terhadap transaksi jual beli barang elektronik di pasar malam Wonokromo. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di pasar malam Wonokromo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berup wawancara dan Observasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Selanjutnya data yang berhasil di kumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif analitis dengan menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan Sadd al-Dhari>‘ah untuk selanjutnya ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik jual beli barang elektronik di pasar malam Wonokromo merupakan transaksi jual beli yang sah dan sesuai dengan rukun daan syarat jual beli yang ditetapkan dalam hukum Islam. Transaksi yang terjadi seperti transaksi jual beli pada umumnya yaitu dengan bertemunya penjual dan pembeli, adanya barang yang diperjualbelikan hingga akad jual beli yang terjadi dalam transaksi. Dalam hukum Islam jual beli yang demikian memang diperbolehkan, namun dalam hasil penelitian yang diperoleh adalah ditemukannya pembeli yang merasa tidak puas dan kecewa setelah membeli barang elektronik di pasar malam Wonokromo. Hal ini disebabkan karena pembeli baru menemukan kecacatan setelah barang tersebut dibeli. Sebelumnya kecacatan barang tersebut tidak diketahui ketika pembeli memilih barang, sampai terjadinya kesepakatan dan terjadilah akad jual beli. Telebih penjual juga tidak memberi jaminan akan kualitas barang. Sehingga apabila ditemukan kecacatan setelah terjadinya transaksi jual beli, pihak penjual tidak bertanggungjawab terhadap barang yang dibeli oleh konsumen. Dalam Sadd al-Dhari>‘ah jual beli seperti ini tidak diperbolehkan karena akan membawa kemafsadatan bagi pembeli yang tidak beruntung atau bahkan tidak mengerti sama sekali mengenai barang elektronik. Sejalan dengan hasil penelitian di atas, penulis dapat memberikan saran kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan teliti ketika membeli barang elektronik di pasar malam Wonokromo. Bagi masyarakat yang baru mengenali pasar tersebut hendaknya mengajak teman yang telah terbiasa belanja barang elektronik di pasar malam Wonokromo. Selanjutnya saran kepada penjual di pasar malam Wonokromo hendaknya lebih memahami dan mengerti atas barang elektronik yang mereka jual. Agar penjual mampu menjelaskan mengenai kondisi barang dagangan dengan detail kepada konsumen. Sehingga kedepan tidak ada lagi cerita mengenai konsumen yang merasa dirugikan dengan timbulnya kecacatan yang sebelumnya tidak mereka ketahui terhadap barang elektronik yang mereka beli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanafi, Afrizalafrizhan57@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Fikih
Hukum Islam
Keywords: Sadd al-Dhariah; jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hanafi Afrizal
Date Deposited: 27 Feb 2018 04:10
Last Modified: 27 Feb 2018 04:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23628

Actions (login required)

View Item View Item