Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozi, Fatkur (2012) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fatkur Rozi_D51208019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana motivasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam 2. Bagaiman upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda, 3. Apa faktor-faktor yang dapat menimbulkan dan menghambat motivasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Yayayasan Pondok Pesantren Nurul Huda. Dengan populasi sebanyak 218 siswa yang terdiri dari tiga kelas ( VII,VIII,IX). Pada penelitian ini hanya mengambil 60 sampel di kelas VIll. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, Dokumentasi, Observasi, dan Angket. Sedangkan bentuk desain penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan rancangan prosentase yang kemudian dilanjutkan dengan analisis Mean untuk menganalisis data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat basil korelasi yang cukup baik pada upaya guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa, ini dapat dilihat dari hasil prosentase sebesar 63,8%. Ini menunjukkan tingkat criteria yang cukup baik terletak antara 56% - 75 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozi, FatkurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam; Motivasi Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2018 03:50
Last Modified: 26 Feb 2018 03:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23612

Actions (login required)

View Item View Item