Sejarah pelayaran Cheng Ho di Indonesia pada abad ke-15 dan jejak peradabannya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzan, Hafidh Aqil (2017) Sejarah pelayaran Cheng Ho di Indonesia pada abad ke-15 dan jejak peradabannya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hafidh Aqil Fauzan_A02213033.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini fokus penelitian yang dilakukan penulis dalam penelitian ini adalah, 1. Bagaimana latar belakang pelayaran Cheng Ho di Indonesia?, 2. Bagaimana sejarah pelayaran Cheng Ho di Indonesia pada abad ke- 15?, 3. Bagaimana jejak peradaban Cheng Ho di Indonesia? Skripsi ini disusun berdasarkan metode penelitian sejarah dengan tahapan heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan sejarah dan teori peran sosial yang dikemukakan oleh Peter Burke, yang mendefinisikan peranan sosial sebagai pola- pola atau norma- norma perilaku yang diharapkan dari orang yang menduduki suatu posisi tertentu dalam struktur sosial dan dalam kaitannya dengan penelitian ini, memiliki hubungan dengan peran seorang kasim Cheng Ho yang memiliki fungsi jelas bahwa melayani masyarakat istana namun karena loyalitasnya, Cheng Ho diberi kepercayaan dari bangsawan, pejabat-pejabat, bahkan langsung dari maha raja untuk menjadi penasehat maha raja yang sangat dipercaya mengatur berbagai urusan birokrasi di istana hingga Cheng Ho diletakkan sebagai kepala urusan China perantauan dan hubungan luar negeri kawasan Asia Tenggara. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1. Latar belakang pelayaran Cheng Ho di Indonesia dipengaruhi oleh hubungan diplomatik, perniagaan (perdagangan rempah-rempah), dan Islamisasi (menyebarkan agama Islam), 2. Titah kaisar Dinasti Ming kepada Cheng Ho untuk memimpin pelayaran besar ke Asia- Afrika dan salah satunya Indonesia, negara yang sering dikunjungi Cheng Ho bersama juru mudinya selama tahun 1405 hingga 1433, dan 3. Jejak peradaban Cheng Ho di Indonesia yang merupakan hasil dari kerja kerasnya dalam melakukan beberapa pelayaran, perjumpaan, dan interaksi dengan daerah-daerah di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzan, Hafidh Aqilhafid_crown@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Dunia
Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Uncontrolled Keywords: Sejarah; pelayaran Cheng Ho
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fauzan Hafidh 'Aqil
Date Deposited: 20 Mar 2018 04:14
Last Modified: 20 Mar 2018 04:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23592

Actions (login required)

View Item View Item