Efektivitas penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Biologi di MAN Wlingi

Nirmalasari, Lailita Dewi (2010) Efektivitas penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Biologi di MAN Wlingi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailita Dewi Nirmalasari_B07206081.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan pra syarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah pendidikan. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan masyarakat serta budaya pada umunya, berkembang pulalah tugas dan peranan guru seiring dengan berkembangnya jumlah anak yang memerlukan pendidikan. Guru hanyalah satu dari begitu banyak sumber belajar yang dapat memungkinkan siswa belajar. Dengan perkembangan ilmu dan teknologi sekarang ini maka pemakaian alat bantu yang berupa media (audiovisual) sangat dibutuhkan, guna untuk membantu siswa dalam memahami pesan dan informasi yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran biologi. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penggunaan media gambar dengan memperhatikan indikator materi biologi yaitu mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem reproduksi laki-laki dan wanita, menjelaskan pembentukan sperma dan sel telur, mengurutkan tahapan spermatogenesis dan oogenesis, menjelaskan proses menstruasi, mendeskripsikan alat kontrasepsi pria dan wanita, mengidentifikasi proses fertilisasi, gestasi dan persalinan, menjelaskan penyebab terjadinya kelainan/penyakit yang terkait sistem reproduksi, menjelaskan akan pentingnya ASI bagi bayi dan menjelaskan cara mecegah gangguan yang berkaitan dengan sistem reproduksi. Hipotesa dalam penelitian ini yaitu penggunaan media gambar pada mata pelajaran biologi secara efektif dapat menigkatkan prestasi belajar siswa kelas XI di MAN Wlingi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 257. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes hasil belajar dengan menentukan tingkat kompetensi aitem tes. Menggunakan analisis data dengan uji peringkat bertanda Wilcoxon ( Wilcoxon signed ranks test). Hasiidari analisis data tersebut uji peringkat bertanda Wilcoxon ( Wilcoxon signed ranks test) diperoleh Z hitung sebesar = -0.935, berarti: Z hitung lebih kecil daripada Z tabel (-0.935 < 1.96), maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapat perbedaan efektivitas penggunaan media gambar dalam menigkatkan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran biologi

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rosyidi, Hamim
Uncontrolled Keywords: Media gambar; prestasi belajar siswa
Subjects: Biologi
Pendidikan > Media
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2018 07:35
Last Modified: 23 Feb 2018 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23590

Actions (login required)

View Item View Item