Peningkatan pemahaman materi Zakat Fitrah mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan media Audio-Visual pada siswa kelas IV MI Ma’arif Babatan Jati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aula, Nahdatul (2018) Peningkatan pemahaman materi Zakat Fitrah mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan media Audio-Visual pada siswa kelas IV MI Ma’arif Babatan Jati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nahdatul Aula_D77213080.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masalah hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Berdasarkan dari dokumentasi nilai hasil belajar siswa kelas IV, diperoleh data sebanyak 36,4% dari jumlah 33 siswa mencapai KKM yang ditentukan yakni 78. Fakta di lapangan yang menjelaskan bahwa guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan mengerjakan LKS dan kurangnya keseriusan siswa ketika guru menyampaikan materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan media audio-visual untuk meningkatkan pemahaman zakat fitrah materi fiqih kelas IV MI MA’ARIF Babatan Jati Sidoarjo. (2) Bagaimana peningkatan pemahaman zakat fitrah mata pelajaran fiqih setelah menggunakan media audio-visual pada siswa kelas IV MI MA’ARIF Babatan Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman zakat fitrah mata pelajaran fiqih dengan menggunakan media audio-visual pada siswa kelas IV MI MA’ARIF Babatan Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman zakat fitrah mata pelajaran fiqih setelah menggunakan media audio-visual pada siswa kelas IV MI MA’ARIF Babatan Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 33 siswa dan tempat penelitian di MI Ma’arif Babatan Jati Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio-visual terhadap pemahaman siswa kelas IV MI Ma’arif Babatan Jati Sidoarjo pada mata pelajaran Fiqih materi zakat fitrah dikategorikan baik. Hal ini didasarkan hasil belajar pada siklus I rata-rata 74,7 dengan prosentase ketuntasa 54,54% meningkat pada siklus II rata-rata menjadi 82 dengan prosentase ketuntasan 87,9%. Dari hasil akhir tersebut maka pemahaman siswa terhadap materi zakat fitrah melalui media audio-visual pada mata pelajaran Fiqih kelas IV MI Ma’arif Babatan Jati Sidoarjo mengalami peningkatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aula, Nahdatulnahda_aula@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; media audio visual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: aula Nahdatul
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:02
Last Modified: 05 Mar 2018 07:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23588

Actions (login required)

View Item View Item