الإضافة ومعانيها في سورة الرّعد: دراسة تحليلية نحوية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Ida Zuhairina Tafrikhun (2018) الإضافة ومعانيها في سورة الرّعد: دراسة تحليلية نحوية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ida Zuhairina Tarikhun Ni'mah_A71214038.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sekripsi ini berjudul Idhafah dan makna maknanya pada surat Ar-Ra’d di dalam Al-Qur’an. Sekripsi ini adalah kajian Nahwu, Dalam kaidah nahwu terdapat Idhafah. Idhafah sendiri adalah penggabungan dua kalimat isim atau kata benda. Jenis Idhafah ada dua yaitu Idhafah Ma’nawiyah dan Idhafah Lafdhiyah, sedangkan dalam segi makna Idhafah terbagi menjadi empat Bayaniyah, Dharfiyah, Lamiyah, dan Tasybihiyah.Pada penelitian ini ada dua permasalahan yang akan dibahas: 1. Apa macam-macam Idhafah pada surat Ar-Ra’d? 2. Apa makna-makna Idhafah pada surat Ar-Ra’d? Pada penelitian ini penulis memilih Surat Ar-Ra’d sebagai objek penelitiannya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lafadh-lafadh mana yang mengandung bentuk Idhafah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif, oleh karena itu pada penelitian ini tidak bisa diperoleh atau diukur menggunakan prosedur-prosedur statistik. dan dari jenis penelitian ini termasuk penelitian dalam kajian Ilmu Nahwu.Dari penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif ini, terdapat banyak susunan Idhafah. Jenis Idhafah Maknawiyah yang berfaidhah Ta’rif terdapat 62 data kemudian di tambah 5 dari lafadh yang memiliki 2 faidhah, Idhafah Maknawiyah yang berfaidah Takhsis 8 data. , Idhafah Maknawiyah yang berfaidah Tankir 5 data. Kemudian Jenis Idhafah Lafdhiyah berfaidah Takhfif yang mudhofnya berupa Isim fail, Isim Maful dan Sifat Musyabihah di temukan 6 data. Kemudian dalam segi makna peneliti menemukan tiga makna saja, yaitu Lammiyah berjumlah 45 data, Bayaniyah 20 data, dan Dharfiyah hanya 15 data dan untuk makna tasbihiyah peneliti tidak menemukan dalam surat tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Ida Zuhairina Tafrikhunidazuhairina33@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Idhafah; makna idhafah; Surat Ar Ra'd
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ni'mah Ida Zuhairina Tafrikhun
Date Deposited: 23 Feb 2018 03:11
Last Modified: 20 Mar 2019 06:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23581

Actions (login required)

View Item View Item