Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe peta pikiran untuk meningkatkan hasil belajar materi benda dan sifatnya kelas V MI Islamiyah Purwojati Mojokerto

Pramunita, Rian Ningsih (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe peta pikiran untuk meningkatkan hasil belajar materi benda dan sifatnya kelas V MI Islamiyah Purwojati Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rian Ningsih Pramunita_D97214120.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya di MI Islamiyah Purwojati Mojokerto. Kegiatan di dalam kelas juga bersifat pasif. Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, hasil belajar dengan cara pembelajaran trasisional hanya 13,8% siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut, perlu inovasi pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe peta pikiran dapat mempermudah siswa dalam mengingat, berfikir kreatif, mudah memahami materi, dan mengalami peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe peta pikiran pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya sehingga mempermudah siswa dalam memahami serta mengingat materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe peta pikiran dalam meningkatkan hasil belajar pembelajaran materi benda dan sifatnya dengan di kelas V MI Islamiyah Purwojati Mojokerto. 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V dalam pelajaran pada materi benda dan sifatnya di MI Islamiyah Purwojati Mojokerto setelah menggunakan model kooperatif tipe peta pikiran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdapat 4 tahapan. Penelitian dilakukan di MI Islamiyah Purwojati Mojokerto pada kelas V dengan siswa sebanyak 29. Data penelitian yang didapatkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe peta pikiran dapat meningkatkan aktivitas guru dari 71 point (cukup) siklus I menjadi 91 point (sangat baik) pada siklus II, aktivitas siswa dari 72 point (cukup) siklus I menjadi 97 point (sangat baik) pada siklus II. (2) peningkatan hasil belajar siswa dari 13,8% (kurang sekali) pada prasiklus, 51,8% (kurang) siklus I, dan 82,8% (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa mengalami perubahan kearah yang lebih baik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wakhidah, Nur
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa; model pembelajaran Kooperatif; Peta Pikiran
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pramunita Rian Ningsih
Date Deposited: 23 Feb 2018 02:38
Last Modified: 23 Feb 2018 02:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23576

Actions (login required)

View Item View Item