Tinjauan hukum Islam terhadap BPIH dengan memakai kurs rupiah ke- Dollar di Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Arif (2018) Tinjauan hukum Islam terhadap BPIH dengan memakai kurs rupiah ke- Dollar di Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Arif Efendi_C02212004.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap BPIH Dengan Memakai Kurs Rupiah Ke-Dollar Di Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur. Data penelitian dihimpun dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara (interview). Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yakni data tentang BPIH se-jatim yang disertai analisis untuk diambil kesimpulan. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa BPIH tetap memakai rupiah sebagai alat pembanyaran sesuai keputusan presiden nomor 21 tahun 2016 meskipun mata uang rupiah masih beracuan pada US dollar. Berdasarkan dari peraturan presiden pembayaran ini tidak ada masalah dengan hukum islam. Didalam hukum islam kurs rupiah ke-dollar diperbolehkan bila syarat dan rukunnya al-s}arf telah terpeuhi. Dengan mewawancarai ketua BPIH Ach. Faridhul ilmi di Kementerian Agama Kanwil Jawa Timur dan dari data-data yang mengenai dana haji yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber. Para calon jemaah haji harus mengikuti prosedur yang telah disediakan di bagian BPIH Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur seperti pendaftaran buku tabungan haji dan seterusnya yang mengenai prosedur tersebut. Dalam syarat dan rukunnya telah terpenuhi maka dalam praktiknya sah-sah aja. Namun itu tidak masalah bagi yang mendaftar, karena semuanya itu untuk ibadah serta diniati sedekah yang membawa haji mabrur. Mereka saling merelakan (rida) dan keberadaannya pun dirasa membantu terutama ketika keadaan sakit atau ada masalah disuatu saat ada masalah di Arab Saudi. Hal itu agar mendapat berkah dan dapat terjalin hubungan yang baik antar sesama manusia sesuai dengan ketentuan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, Arifarif200890@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Haji
Keywords: BPIH; Kurs Rupiah; Dollar
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Efendi Arif
Date Deposited: 22 Feb 2018 06:52
Last Modified: 22 Feb 2018 06:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23557

Actions (login required)

View Item View Item