Penerapan pendidikan karakler jujur melalui kantin kejujuran di SMA Negeri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khisbiyah, Lailatul (2011) Penerapan pendidikan karakler jujur melalui kantin kejujuran di SMA Negeri Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailatul Khisbiyah_B07207081.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemerosotan moral merupakan masalah yang tengah melanda bangsa Indonesia, tidak hanya dialami oleh pelajar dan mahasiswa akan tetapi kemerosotan moral juga dialami oleh para petinggi bangsa ini. Masyarakat sudah sangat biasa dengan adanya kasus kriminalitas, suap dan korupsi yang semakin banyak terjadi akibat hilangnya moral pelakunya, terutama nilai kejujuran. Salah satu upaya pemerintah dan pelaku pendidikan dalam memberantas budaya korupsi dan menanamkan pentingnya kejujuran adalah dengan mendirikan kantin kejujuran di sekolah dan lembaga pemerintahan. Kantin kejujuran diharapkan menjadi sarana untuk membentuk karakter jujur melalui pembiasaan bersikap tidak curang melalui transaksi di kantin kejujuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi tentang keberadaan kantin kejujuran, persepsi tentang makna kejujuran dan perilaku jujur di kantin kejujuran dari warga SMA Negeri 3 Sidoarjo yang menyelenggarakan kantin kejujuran sejak tahun 2008. Infonnan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang menjadi pengurus dan konsumen kantin kejujuran. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif fenomenologis. Alat pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Kesimpulannya: persepsi tentang keberadaan kantin kejujuran dan makna kejujuran bervariasi. Sedangkan perilaku jujur di kantin kejujuran dapat dijumpai, namun ada pula konsumen yang tidak jujur sehingga kantin kejujuran mengalami kerugian. Akibatnya kantin kejujuran tidak aktif lagi. Hal ini juga disebabkan oleh kurangnya perhatian dari pengurus maupun pembina.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khisbiyah, LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Perilaku
Psikologi Sosial
Uncontrolled Keywords: Kantin kejujuran; pendidikan karakter; kejujuran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2018 07:20
Last Modified: 21 Feb 2018 07:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23533

Actions (login required)

View Item View Item