IMPLEMENTASI KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KLASIK DI KALANGAN SANTRI MADRASAH DINIYAH MANBA’UL HIKAM PUTAT TANGGULANGIN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asrori, Moh. Chalim Al (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KLASIK DI KALANGAN SANTRI MADRASAH DINIYAH MANBA’UL HIKAM PUTAT TANGGULANGIN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Implementasi Kurikulum Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Klasik Santri Di Madrasah Diniyah Manba’ul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo ini dengan beberapa rumusan masalah yakni (1) Bagaimana Perencanaan Kurikulum Madrasah Diniyah di Madrasah Diniyah Manba’ul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo. (2) Bagaimana Pelaksanaan Kurikulum Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Klasik Santri di Madrasah Diniyah Manba’ul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisa dengan langkah-langkah reduksi data, display data, verivikasi dan simpulan agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh pemahaman bahwa Perencanaan kurikulum madrasah diniyah Manba’ul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo sudah tersusun dengan baik, hal ini dibuktikan dengan: Perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan santri sehingga program yang akan dilakukan sudah jelas arahnya, tenaga pengajar professional sesuai dengan bidangnya, penyiapan materi yang terstruktur dan tersistem dengan baik, pengawasan kegiatan yang efektif, mengadakan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap materi yang sudah disampaikan. Pelaksanaan pembelajaran kitab-kitab klasik di madrasah diniyah Manba’ul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo dapat dikatakan sudah baik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan santri dalam kemampuan membaca kitab klasik setelah menempuh beberapa jenjeng kelas. Yang mana dalam pelaksanaan pembelajaran kitab-kitab klasik di madrasah diniyah, guru selalu menggunakan metode wetonan, ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan yang paling ditekankan adalah metode setoran/sorogan agar santri lebih dapat memperoleh pengalaman secara langsung tentang bagaimana cara membaca dan memahami kitab klasik yang benar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Samsul Ma'arif
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asrori, Moh. Chalim AlUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Madrasah Diniyah; Kemampuan Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2015 03:43
Last Modified: 19 Oct 2015 03:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2353

Actions (login required)

View Item View Item