Resiliensi anak di lingkungan lokalisasi melalui Taman Baca Kawan Kami

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Azizah (2011) Resiliensi anak di lingkungan lokalisasi melalui Taman Baca Kawan Kami. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azizah Agustin_B07207102.pdf

Download (645kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran resiliensi anak di lingkungan lokalisasi melalui Taman Baca Kawan Kami.Taman Baca Kawan Kami memiliki tujuan untuk mewujudkan kepedulian dalam rangka pengentasan anak-anak menuju kehidupan masa depan yang lebih cerah dengan beberapa aktifitas pendukung. Sebuah rumah dengan bermacam- macam buku yang telah tertata rapi dalam almari. Mulai dari buku-buku yang bersifat umum hingga buku-buku yang membahas tentang agama. Selain itu juga terdapat iqro’ yang dapat dipergunakan anak-anak untuk mengaji dengan tujuan agar mereka mendapatkan ketenangan hati walaupun berada di tengah-tengah bisingnya sahutan musik yang hampir setiap hari diperdengarkan di telinga mereka. Tipe penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Di mana penelitian bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan (Arikunto, 2005). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi partisipan di setiap kegiatan yang diadakan oleh taman baca, wawancara kepada perintis taman baca dan beberapa pengajar taman baca selaku informan, dokumentasi kegiatan dari hasil penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di putat jaya II A No. 36 Surabaya, yakni tempat berdirinya taman baca hingga sekarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan berdirinya Taman Baca Kawan Kami oleh orang-orang yang peduli akan masa depan anak- anak tersebut sedikit banyak sangat berperan bagi mereka dalam rangka mempertahankan diri dari lingkungan yang tidak semestinya mereka dapatkan. Berbagai kegiatan yang digagas dan dilaksanakan oleh para pengajar serta ketelatenan yang mendalam akan kondisi psikologis anak-anak tersebut, maka para pengajar setiap satu pekan sekali yakni hari minggu selalu hadir untuk mengisi kegiatan di taman baca. Berbagai kegiatan dilakukan dalam rangka menguatkan diri anak-anak tersebut agar mendapatkan sebuah benteng agar tidak kalah terhadap lingkungan yang berpotensi membentuk pribadi mereka kurang baik. Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya adalah bimbingan belajar, baca tulis Al-Qur'an, pelajaran dan praktek sholat, kerajinan dan kreativitas, permainan edukatif, kunjungan dan out bond, serta pendekatan pada orang tua/wali anak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, AzizahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Minat Baca
Uncontrolled Keywords: Resiliensi anak; lingkungan lokalisasi; Taman Baca Kawan Kami
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2018 03:37
Last Modified: 21 Feb 2018 03:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23522

Actions (login required)

View Item View Item