Hubungan celebrity endorser terhadap loyalitas konsumen: studi pada mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya pengguna Honda Vario

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Sri Kumala (2011) Hubungan celebrity endorser terhadap loyalitas konsumen: studi pada mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya pengguna Honda Vario. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Kumala Dewi_B37207007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara celebrity endorser dengan loyalitas konsumen, sejauh mana celebrity endorser mempengaruhi loyalitas konsumen. Celebrity endorser adalah pemakaian selebrity dalam memasarkan suatu produk dalam iklan. Loyalitas konsumen adalah kesetiaan pelanggan terhadap suatu merek atau produk tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di IAIN Sunan Ampel Surabaya dengan menggunakan mahasiswa S1 pengendara Honda Vario sebagai subjek penelitian. Subjek dari peneltian ini adalah mahasiswa S1 IAIN Sunan Ampel Surabaya sebanyak 50 orang. Penelitian ini menggunkan analisis regresi linier sederhana sebagai analisis datanya. Hasil pengujian Pada hubungan antara dua variabel, diperoleh besarnya korelasi 0,119 dengan signifikansi 0,206. Karena signifikansi > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak hubungan yang signifikan antara celebrity endorser dengan loyalitas konsumen. Tetapi diperoleh hasil r squar sebesar 0,014 angka ini disebut juga koefisien determinasi, yang berarti 1,4% loyalitas konsumen dipengaruhi oleh celebrity endorser. Hal ini dapat berarti bahwa bukan tidak ada hubungan antara kedua variabel tetapi variabel x hanya mempengaruhi sebesar 1,4% terhadap loyalitas konsumen. Menurut Richard L Oliver, (dalam Usmara 2008), loyalitas adalah komitmen yang mendalam untuk membeli kembali atau berlangganan kembali suatu produk atau jasa yang dipilih dimasa mendatang, dengan cara membeli merek yang sama secara berulang, meskipun pengaruh situasional dan usaha-usaha pemasaran secara potensial menyebabkan perilaku untuk berpindah. Bertitik tolak dari penelitian ini,beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas penelitian selanjutnya adalah 1) sebaiknya peneliti selanjutnya menyusun skala yang lebih mudah diterima oleh subjek dengan menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami, 2) hendaknya memiliki indikator yang lebih beragam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Sri KumalaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Kerja
Konsumen
Keywords: Celebrity endorser; loyalitas konsumen; pengguna Honda Vario
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2018 03:18
Last Modified: 21 Feb 2018 03:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23520

Actions (login required)

View Item View Item