Pengaruh penerapan strategi pembelajaran kapasitas belajar (building learning power) terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI di SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo

Farid, Ahmad Miftakhul (2018) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran kapasitas belajar (building learning power) terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI di SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Miftakhul Farid_D91214083.pdf

Download (2MB)

Abstract

Terpilihnya judul tersebut didasarkan atas asumsi bahwa manusia pada dasarnya memiliki potensi-potensi yang sangat luar biasa dan bisa dikembangkan dengan cara-cara tertentu, salah satu caranya dengan membangun kapasitas belajarnya. Dalam penelitian ini peneliti menemukan siswa yang mengalami permasalahan belajar. Building learning power merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menekankan pada peningkatan kapasitas belajar. Building learning power merupakan salah satu dari beberapa strategi pengajaran afektif pada peserta didik. Sehingga peserta didik tidak hanya dominan pada ranah kognitif melainkan pada ranah afektif sampai ranah psikomotor. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo tahun ajaran 2017-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara Random Sampling atau sampel acak. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX. Instrument yang digunakan meliputi wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yang meliputi regresi, residu dan nilai total dengan membandingkan Freg dan Ftabel. Atas dasar permasalahan di atas, maka tujuan penulisan skripsi ini adalah ingin mengetahui apakah ada hubungan penerapan strategi pembelajaran building learning power dalam pembelajaran di sekolah menengah pertama insan cendekia mandiri sidoarjo terhadap prestasi belajar siswa di sekolah menengah pertama insan cendekia mandiri sidoarjo. Kemudian mendeskripsikan bagaimana terapi eksistensial humanistik dalam mengatasi siswa distress di sekolah menengah pertama baitussalam Surabaya dan Mendeskripsikan bagaimana dampak dari terapi eksistensial humanistik dalam mengatasi siswa distress di sekolah menengah pertama Insan Cendekia Sidoarjo.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abitolkha, Amir Maliki
Uncontrolled Keywords: building learning power; prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ahmad Miftakhul
Date Deposited: 21 Feb 2018 02:44
Last Modified: 21 Feb 2018 02:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23500

Actions (login required)

View Item View Item