PERANAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI SMP NEGERI TERBUKA 25 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adnan, Roudhotul (2015) PERANAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI SMP NEGERI TERBUKA 25 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen terpenting dalam pendidikan dan mempunyai peranan yang sangat besar. Salah satu peranan guru, terutama guru agama adalah memberikan contoh dan teladan yang baik kepada para siswanya.
Gurulah yang langsung berhadapan dengan peserta didik untuk mentransfer ilmu pengetahuan sekaligus mendidik dengan nilai-nilai positif melalui bimbingan dan keteladanan. Karena itu guru dituntut agar dapat memberikan bimbingan dan motivasi sebaik mungkin kepada siswanya agar tercapai tujuan pendidikan. Melihat pentingnya peranan guru yang ikut serta dalam menyukseskan tercapainya tujuan pendidikan, maka hal tersebut sangat relevan dalam membina akhlak peserta didik supaya menjadi muslim yang sejati, karena akhlak sangat penting bagi pembentukan sikap dan tingkah laku anak, agar menjadi anak yang baik dan berakhlak karena pembentukan akhlak yang tinggi adalah tujuan utama dari pendidikan Islam serta menjadi penuntun untuk menjalani kehidupan yang sesuai dengan ajaran Islam. Dari latar belakang diatas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: 1. Bagaimana pembentukan akhlaq siswa di SMP Negeri Terbuka 25 Surabaya? 2. Bagaimana peranan guru PAI dalam pembentukan akhlaqul karimah siswa di SMP Negeri
Terbuka 25 Surabaya? 3. Apa saja faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam pembentukan akhlaqul karimah siswa di SMP Negeri Terbuka 25 Surabaya?
Penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif deskriptif karena penelitian ini termasuk penelitian lapangan atau field research dan data primernya menggunakan data yang bersifat verbal yaitu berupa deskriptif yang diperoleh dari lapangan. Oleh karena itu, penulis menempuh tiga langkah utama dalam penelitian ini, yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Verifikasi dan simpulan Data.
Ditemukan bahwa Akhlak siswa cukup, akan tetapi masih Pembentukan akhlak siswa yang dilakukan guru PAI di SMP Negeri Terbuka 25 Surabaya yaitu membimbing dan mengarahkan agar siswa berperilaku baik dan disiplin, tidak
melanggar aturan sebagai cerminan akhlak terpuji mereka adalah dengan selalu memberikan arahan/pembinaan ketika berada dalam kelas dan di luar kelas serta pembiasaan-pembiasaan. Peranan guru PAI sangatlah luas dalam pembentukan akhlaqul karimah siswa yaitu guru sebagai pengajar, pembimbing, pengelola kelas, perencana, motivator, dan evaluator. Faktor pendukung untuk guru PAI adalah guru dan sarana prasarana. Untuk penghambat yang dihadapi yaitu kurangnya perhatian orangtuaa, Broken home, maraknya dunia informasi dan siswa itu sendiri yang
kurang konsentrasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Moch.Tolchah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adnan, RoudhotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Akhlaqul Karimah; Peranan Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2015 03:23
Last Modified: 19 Oct 2015 03:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item View Item