AN ANALYSIS OF MADURESE LANGUAGE LEVELS USES IN THE MARKET OF SEMAMPIR KRAKSAAN PROBOLINGGO

Mardiyah, Devi (2014) AN ANALYSIS OF MADURESE LANGUAGE LEVELS USES IN THE MARKET OF SEMAMPIR KRAKSAAN PROBOLINGGO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Language level adalah tingkatan bahasa yang orang gunakan untuk menghormati ketika mereka berbicara kepada yang lebih tua atau pun seumuran. Setiap bahasa memiliki tingkatan bahasa yang berbeda-beda. Seperti bahasa Madura yang merupakan subjek dalam penelitian ini. Terdapat tiga macam tingkatan bahasa dalam Madura yaitu, Enja’-Iya’ merupakan tingkatan bahasa paling rendah dalam bahasa Madura, Enggi-Enten adalah tingkatan tengah dan yang terakhir Enggi-Bunten yang merupakan tingkatan bahasa paling tinggi dalam bahasa Madura.
Penelitian ini focus terhadap pembahasan tentang ungkapan secara lisan yang muncul dari percakapan antara pembeli dan pedagang di Pasar Semampir. Tidak ada pembahasan tentang gerak tubuh, bahasa tubuh dan intonasi dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menyelesaikan permasalan dalam penelitian ini karena data dalam penelitian ini merupakan bentuk kata-kata (words). Subjek dalam penelitian ini adala para Pembeli dan Penjual di pasar Semampir. Data dalam penelitian ini adalah percakapan antara pembeli dan penjual di toko ibu Agus. Pengumpulan data dilakukan dalam satu bulan dan dimulai dari hari Sabtu sampai Kamis dimulai semenjak jam 08.00 pagi sampai jam 12.00 siang. Pada hari Jum’at toko ibu Agus libur. Penulis menggunakan rekaman untuk merekam percakapan antara penjual dan pembeli. Penulis juga menggunakan buku catatan untuk menulis hasil wawancara untuk mendapatkan data personal dari setiap pembeli. Langkah-langkah dalam menganalisa data (1) penulis mendengarkan hasil rekaman (2) penulis menulis seluruh hasil percakapan dalam bentuk naskah (3) menggaris bawah kata-kata yang berisi tingkatan bahasa (4) menentukan alasan dari tingkatan bahasa tersebut (5) membuat ringkasan dari hasil tersebut.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa hanya terdapat dua macam tingkatan bahasa yang muncul dalam percakapan antara penjual dan pembeli di pasar Semampir yaitu Enja’- Iya’ dan Enggi-Enten. Alasan orang memilih tingkatan bahasa di pasar Semampir karena hubungan antara penjual dam pembeli tersebut dan status social dari penjual maupun pembeli. Tempat dan latar belakang dari pembicara juga menentukan orang memilih tingkatan bahasa ketika berbicara.
Semoga pembahasan dalam penelitian ini dapat membantu pembaca dalam membahas tingkatan bahasa khususnya tingkatan bahasa dalam bahasa Madura. Semoga penelitian dapat menambah ilmu tentang tingkatan bahasa dalam tingkatan bahasa di bahasa Madura.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zuliati Rohmah
Uncontrolled Keywords: Language Level; Tingkatan Bahasa; Madurese Language; Bahasa Madura
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Inggris
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2015 03:10
Last Modified: 05 Feb 2015 03:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item