Perbedaan job satisfa action ditinjau dari transformational leadership dan transactional leadership pada karyawan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrawati, Retno (2011) Perbedaan job satisfa action ditinjau dari transformational leadership dan transactional leadership pada karyawan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Retno Indrawati_B07207037.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan merupakan unsur penting di dalam perusahaan, sebab tanpa ada kepemimpinan dari seorang pemimpin maka suatu perusahaan tersebut akan mengalami kemunduran. Setiap pemimpin pada dasarnya memiliki perilaku yang berbeda dalam memimpin atau sering disebut dengan gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan yang dijalankan oleh seorang pemimpin dalam mempengaruhi perilaku orang lain sesuai dengan keinginannya itu dipengaruhi oleh sifat pemimpin itu sendiri. Pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang baik akan menciptakan kepuasan yang tinggi di dalam diri setiap bawahan, sehingga dengan kepuasan kerja tersebut akan timbul semangat kerja yang dapat meningkatkan kinerja dari bawahan itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan kerja karyawan ditinjau dari gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional pada UD. Ria Jaya di Sidoarjo. Variabel yang digunakan adalah kepuasan kerja karyawan, gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional. Penulis membentuk hipotesis bahwa ada perbedaan kepuasan kerja karyawan ditinjau dari gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional pada UD. Ria Jaya. Penelitian ini menggunakan uji Kruskal-wallis dengan menggunakan SPSS for windows release 15. Data yang digunakan adalah data ordinal, dimana dengan jumlah subyek pada UD. Ria Jaya I sebanyak 18 orang, Ria Jaya II sebanyak 16 orang, Ria Jaya III sebanyak 16 orang dan Ria Jaya IV sebanyak 15 orang. Populasi penelitian ini adalah pegawai UD. Ria Jaya yang terletak di Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata kepuasan kerja karyawan UD. Ria Jaya I, II dan IV dengan gaya kepemimpinan transformasional sebesar 36,89; 42,78 dan 42,33 sedangkan rata-rata kepuasan kerja karyawan UD. Ria Jaya III dengan gaya kepemimpinan transaksional sebesar 10,09. Jadi kepuasan kerja dengan nilai tertinggi terletak pada UD.Ria Jaya II dan kepuasan kerja dengan nilai terendah terletak pada UD. Ria Jaya III yang berarti bahwa ada perbedaan kepuasan kerja karyawan ditinjau dari gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional pada UD. Ria Jaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrawati, RetnoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Kerja
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan transformasional; kepemimpinan transaksional; kepuasan kerja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2018 08:19
Last Modified: 20 Feb 2018 08:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23486

Actions (login required)

View Item View Item