Pendampingan kewirausahaan pemuda melalui pemanfaatan limbah kertas di Wilayah Dukuh Sutorejo Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Umi (2018) Pendampingan kewirausahaan pemuda melalui pemanfaatan limbah kertas di Wilayah Dukuh Sutorejo Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Umi Fadilah_B02213052.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kewirausahaan pemuda dengan pemanfaatan limbah kertas, yang fokus pendampingan adalah memanfaatkan aset pemuda karang taruna di RW VI Kelurahan Dukuh Sutorejo, Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya. Limbah kertas sebagai media yang digunakan adalah hasil dari kepedulian pemuda dalam melestarikan lingkungan. Kreatifitas pemuda tersebut dapat dilihat dalam pengelolaan limbah kertas dalam proses pendampingan. Penelitian dan pendampingan yang dilakukan ini menggunakan pendekatan metode ABCD (Asset Based Community Development) yang dalam pengorganisasian para pemuda tersebut dimulai dengan mengubah pola pikir pemuda untuk dapat melihat dan menyadari kembali aset-aset yang dimiliki, sebagai salah satu awal untuk menuju ke perubahan yang lebih baik. Pendampingan ini mengajak para pemuda karang taruna untuk mengembangkan potensinya terutama dalam bidang kreativitas dengan memanfaatkan limbah kertas, dalam hal ini yang digunakan adalah kertas koran. Kreativitas tersebut dapat digunakan untuk mengubah bahan bekas menjadi lebih bernilai ekonomis. Yang nantinya dapat menjadikan pemuda karang taruna lebih berdaya dengan suatu pendampingan kewirausahaan ini. Dalam aksi ini hasil yang dicapai pada pendampingan yang dilakukan oleh peneliti bersama para pemuda dengan melakukan upaya dalam menuju perubahan secara partisipatif, baik dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Proses tersebut dilakukan dengan melalui beberapa tahapan, dan diadakannya suatu pelatihan menjahit sebagai salah satu teknik yang harus dilakukan untuk menyelesaikan produk yang telah disepakati secara bersama-sama yaitu pembuatan tas dengan aksesories dari hasil pemanfaatan limbah kertas tersebut. diharapkan pemuda lebih mampu meningkatkan kreativitasnya sebagai solusi dari permasalahan atau dalam memperbaiki keadaan dalam organisasi maupun sosialnya secara mandiri dengan bentuk apapun seperti dengan berwirausaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Umihousefadilah77@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keterampilan
Uncontrolled Keywords: Pendampingan; Kewirausahaan; Perubahan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fadilah Umi
Date Deposited: 22 Feb 2018 02:43
Last Modified: 22 Feb 2018 02:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23468

Actions (login required)

View Item View Item