Tinjauan hukum pidana Islam terhadap sanksi anak pelaku pencurian dalam keadaan memberatkan: studi putusan Pengadilan Negeri Bandung nomor:527/pid.anak/2014/PN.Bdg

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulah, Lailatul Mas (2018) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap sanksi anak pelaku pencurian dalam keadaan memberatkan: studi putusan Pengadilan Negeri Bandung nomor:527/pid.anak/2014/PN.Bdg. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailatul Mas Ulah_C03213027.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua permasalahan, yaitu : Bagaimana pertimbangan hakim dalam memberikan sanksi terhadap anak pelaku pencurian dalam keadaan memberatkan dan bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap sanksi anak pelaku pencurian dalam keadaan memberatkan dalam putusan nomor:527/Pid.Anak/2014/PN.Bdg. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pustaka, yakni menggali data dengan mengumpulkan buku-buku atau literatur yang berhubungan dengan penelitian.Setelah data terkumpul data diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif analisis yakni dengan mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data yang telah terkumpul yang kemudian dianalisis menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menurut pertimbangan hakim sanksi yang diberikan kepada anak pelaku tindak pidana pencurian dalam keadaan memberatkan dalam perkara nomor:527/Pid.Anak/2014/PN.Bdg adalah pidana penjara kurungan selama 1 tahun dengan berdasarkan pasal 363 ayat (1) ke-3 dan ke-4 Jo Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 tentang pengadilan anak. Sedangkan menurut hukum pidana Islam sanksi yang diberikan terhadap anak pelaku pencurian hanya berupa hukuman takzir atau pembinaan karena anak tidak memiliki tanggung jawab hukum sampai dia mencapai umur baligh. Didalam hukum pidana Islam sangat melindungi anak karena semata-mata untuk melindungi kehormatan dan nyawa anak. Sejalan dengan kesimpulan diatas maka disarankan : sanksi anak pelaku pencurian dalam keadaan memberatkan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan baik mengingat bahwa anak harus dilindungi untuk masa depan yang akan datang. Maka perlunya sosialisasi penyadaran hukum kepada masyarakat baik tentang hukum pidana Islam maupun hukum positif yang berkaitan dengan sanksi pidana bagi anak agar dapat memberikan perlindungan dan pendidikan kepada anak secara baik danbenar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulah, Lailatul Maslailatulmasula95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Pencurian
Keywords: Pencurian; anak di bawah umur; sanksi; hukum pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ula Lailatul Mas
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:39
Last Modified: 20 Feb 2018 04:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23463

Actions (login required)

View Item View Item