Peran GP Ansor dalam penumpasan PKI di Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Tahun 1963-1965 M.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Aderika Nur (2018) Peran GP Ansor dalam penumpasan PKI di Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Tahun 1963-1965 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Aderika Nur Azizah_A92214094.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana sejarah perkembangan GP Ansor Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro? 2) Bagimana peran GP Ansor dalam penumpasan PKI Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro pada tahun 1963-1965? 3) Bagaimana dampak pasca penumpasan PKI di Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro? Penulisan skripsi ini disusun menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber), dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Sosiologi dan menggunakan teori peranan. Teori peranan menurut Prof. Dr. Soerjono Soekanto adalah sudut pandang dalam sosiologi dan psikologi sosial yang menganggap sebagian besar aktivitas harian diperankan oleh kategori-kategori yang ditetapkan secara sosial. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) PAC GP Ansor Kanor berdiri sekitar tahun 1954 M. pada tahun 1962 GP Ansor Kanor mulai terstruktur dengan sederhana yang diketuai oleh KH. Sadeli, perkembangannya meningkat ketika Ansor berperan dalam penumpasan PKI di daerah Kanor setelah tahun 1965. 2) peran GP Ansor dalam penumpasan PKI GP Ansor adalah dengan menangkap orang yang dicurigai sebagai anggota PKI, melakukan eksekusi mati terhadap anggota PKI, dan menjaga keamanan lingkungan sekitar. 3) eksistensi GP Ansor lebih konkrit, kebangkitan NU pasca penumpasan PKI, kehidupan masyarakat kembali normal dan tersisihnya keluarga PKI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Aderika Nuraderika_nurazizah@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia

Sejarah
Uncontrolled Keywords: GP Ansor; Komunis
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Azizah Aderika Nur
Date Deposited: 20 Feb 2018 07:16
Last Modified: 20 Feb 2018 07:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23451

Actions (login required)

View Item View Item