Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru: studi multikasus pada SDIT Nurul Islam Krembung Sidoarjo dan MI Sabilil Khair Glagaharum Porong Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Riatus (2018) Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru: studi multikasus pada SDIT Nurul Islam Krembung Sidoarjo dan MI Sabilil Khair Glagaharum Porong Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Riatus Sholihah_F02035179.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah, melihat krisis multideminsional yang tengah dihadfapi bangsa Indonesia. Sehingga perlu peningkatan mutu pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia secara menyeluruh serta ingin memberikan contoh hadirnya lembaga yang siap menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah: 1) untuk mengetahui pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru di SDIT Nurul Islam dan MI Sabilil Khair, 2) untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam menerapkan mutu pembelajaran guru di SDIT Nurul Islam dan MI Sabilil Khair, 3) untuk mengetahui manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru di SDIT Nurul Islam dan MI Sabilil Khair. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendiskripsikan fenomena dan konteks dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus karena fokus penelitian ini menjawab pertanyaan “bagaimana” penerapan manajemen berbasis sekolah dan ingin meliput kondisi kontekstual yang relevan dengan fenomenanya. Penelitian ini difokuskan pada: 1) upaya menerapkan mutu pembelajaran guru di SDIT Nurul Islam dan MI Sabilil Khair, (a) memiliki standart kinerja yang tinggi, (b) penampilan profesional seorang guru.2) pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SDIT Nurul Islam dan MI Sabilil Khair yang memiliki karakteristik berikut, (a) perilaku warga sekolah yang sesuai dengan visi misi sekolah, (b) mengutamakan pentingnya sumberdaya manusia. 3) manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan pembelajaran guru di SDIT Nurul Islam dan MI Sabilil Khair mengacu pada: (a) orentasi mutu pendidikan, (b) pelayanan sekolah, (c) kurikulum sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Riatussitisitifatimah83@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Manajemen berbasis sekolah; Mutu pembelajaran guru
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nizar Moh.
Date Deposited: 20 Mar 2018 04:36
Last Modified: 20 Mar 2018 04:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23444

Actions (login required)

View Item View Item