Studi komparatif gaya kepemimpinan Abu Bakar ash Shiddiq dan Umar bin Khattab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rini, Rini (2018) Studi komparatif gaya kepemimpinan Abu Bakar ash Shiddiq dan Umar bin Khattab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rini_B04211031.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan adalah proses yang berisi rangkaian kegiatan yang saling mempengaruhi, berkesinambungan, dan terarah pada suatu tujuan. Rangkaian itu berwujud kemampuan mempengaruhi dan megarahkan perasaan dann pemikiran orang lain agar bersedia melakukan sesuatu yang diinginkan pemimpin dan terarah pada tujuan yang telah disepakati bersama. Jaadi kepemimpinan merupakan proses kegiatan yang dilakukan seseorang dalam membimbing, mempengaruhi orang lain agar bersedia melakukan apa yang diinginkan. Sedangkan gaya kepemimpinan adalah merupakan cara-cara tertentu yang digunakan oleh seseorang dalam mempengaruhi bawahannya untuk mencapai tujuan bersama. Abu Bakar Ash-Shiddiq sahabat Rasulullah yang dapat dikatakan sebagai orang yang memiliki sifat yang berani, dan juga memiliki kemauan yang keras, lemah lebut, penyayang dan bijaksana. Pada masa pemerintahannya banyak sekali keberhasilan-keberhasilan yang dicapai. Mulai dari memberantas para nabi palsu sampai melakukan futuhat ke wilayah-wilayah disekitar Daulah Islam. Umar bin Khaattab adalah sahabat Rasulullah yang dapat dikatakan sebagai orang yang memiliki sifat yang berani, dan memiliki kemauan yang keras. Disamping itu juga memiliki sifat yang bijaksana dan lemah lembut. Pada masa pemerintahannya umat Islam mampu mencapai kesuksesan yang luar biasa dengan banyak wilayah yang ditaklukkannya. Umar bin Khattab memperkenalkan system administrasi pemerintahan Islam. Penelitian ini memerlukan sebuah metode dan pendekatan. Dengan metode dan pendekatan tersebut diharapkan pembahaan yang dikaji menjadi terarah dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Metode yang digunakan daalam penelitian ini adalah metode kepustakaan, yakni menganalisa obyek penelitian dengan menggunakan sumber data berupa buku-buku yang berkaitan dengan obyek penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rini, Rinirinimujahidah@rocketmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepemimpinan
Keywords: Gaya kepemimpinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Rini Rini
Date Deposited: 19 Feb 2018 06:12
Last Modified: 19 Feb 2018 06:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23431

Actions (login required)

View Item View Item