Suku Bajo dan kemiskinan: studi kasus kemiskinan nelayan suku Bajo di Desa Saur Saibus Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep

Rahman, Andi (2018) Suku Bajo dan kemiskinan: studi kasus kemiskinan nelayan suku Bajo di Desa Saur Saibus Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Andi Rahman_B05212014.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemiskinan nelayan Suku Bajo yang terjadi di Desa Saur Saibus, dimana dalam sub pembahasan pokok membahas problema kemiskinan baik faktor dan penyebab kemiskinan itu terjadi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena kemiskinan nelayan yang terjadi pada Suku Bajo Desa Saur Saibus yaitu teori Tindakan Sosial Max Webber. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa kemiskinan yang terjadi pada Nelayan Suku Bajo di Desa Saur Saibus merupakan kemiskinan akibat faktor alamiah nelayan tersebut, kemiskinan yang terjadi merupakan kemiskinan kultural dimana bentuk kemiskinana ini di sebabkan pengaruh sangat besar dari sikap dan keadaan lingkungan yang membuat mereka tetap dalam kemiskinan.dalam hal ini juga kemiskinan nelayan Suku Bajo Desa Saur Saibus di pengaruhi oleh kondisi alam dan Tradisi yang mereka percayai selama ini.sedangkan beberapa faktor yang mempengaruhi kemiskinan struktural nelayan Suku Bajo Desa Saur saibus di antaranya.1.kurangnya sumber daya manusia.2.Tradisi nelayan Suku Bajo di Desa Saur saibus.3 Kurang nya pekerjaan alternatif bagi nelayan.4 terbatas nya kepemilikan modal pada nelayan.5.Sederhananya alat yang di gunakan nelayan.6.Tidak ada nya peran lembaga ekonomi untuk para nelayan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ismail, Muchammad
Uncontrolled Keywords: Suku Bajo; kemiskinan nelayan
Subjects: Kemiskinan
Adat
Budaya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Andi Rahman
Date Deposited: 19 Feb 2018 06:31
Last Modified: 19 Feb 2018 06:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23424

Actions (login required)

View Item View Item