الإضافة ومعانيها في سورة آل عمران نصف الأول: بحث نحوي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chaqiqi, Muhammad Imam (2018) الإضافة ومعانيها في سورة آل عمران نصف الأول: بحث نحوي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Imam Chaqqiqi_A91214099.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Idhafah didalam ilmu nahwu adalah suatu hubungan yang membatasi diantara dua kalimat isim, yang mewajibkan membaca jer pada isim yang kedua selamanya. Dalam skripsi ini membahas tentang idhafah dan makna-maknanya dalam surat Ali ‘Imraan. Jenis Idhafah ada dua yaitu Idhafah Maknawiyah dan Idhafah Lafddziyah, sedangkan dari segi artinya, Idhafah terbagi menjadi empat yaitu Idhafah Lamiyah, Idhafah Dzarfiyah, Idhafah Bayaniyah dan Idhafah Tasybihiyah. Sedangkan metode yang digunakan dalam pembahasan ini adalah metode kualitatif, pada penelitian ini tidak bisa diperoleh atau diukur menggunakan prosedur-prosedur stastistik. Dan dari jenis penelitian ini menggunakan penelitian dalam kajian ilmu nahwu. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa idhafah dalam surat Ali ‘Imraan terdapat 151 data dalam segi jenisnya Idhafah Maknawiyah yang berfaidah Ta’rif ada 113 dan yang berfaidah Tankir 11 dan berfaidah yang Takhsis 27 data, sedangkan untuk jenis Idhafah Lafdziyah terdapat 27 data. Kemudian dari segi makna peneliti hanya menemukan tiga makna yaitu Idhafah Lamiyah 67 data, Idhafah dzarfiyah 27 data, Idhafah Bayaniyah 57 data, akan tetapi untuk makna IdhafahTasybihiyah peneliti tidak menemukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chaqiqi, Muhammad Imamimamchaqiqi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Al Quran surat Ali Imraan; idhafah; jenis idhafah; makna idhafah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Chaqqiqi Muhamad Imam
Date Deposited: 20 Feb 2018 06:47
Last Modified: 20 Feb 2018 06:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23405

Actions (login required)

View Item View Item