تحليل تطبيق مبادئ مهارة الكلام عند ابن خلدون في معهد التنوير تالون سمبرجو بوجونكارا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminurrozi, Ach. Yasykur (2018) تحليل تطبيق مبادئ مهارة الكلام عند ابن خلدون في معهد التنوير تالون سمبرجو بوجونكارا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ach Yasykur Aminurrozi_D72214021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ibnu Khaldun merupakan salah satu tokoh pemikir Islam yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Ibnu Khaldun lebih banyak dikenal sebagai ahli sejarah dan sosial. Sementara keahlian dan pemikiran bidang pendidikan bahasa arab kususnya maharah kalam kurang mendapat perhatian, kalaupun ada belum memberikan analisis yang mendalam sebuah diskripsi menggambarkan sebuah prinsip dasar yang diungkap oleh ibnu khaldun, dalam karya-karya nya diantaranya kitab Muqoddimah dan Al-ibar, dapat direalisasikan dan memberikan pengaruh signivikasi terhadap keterampilan berbicara siswa juga diharapkan dapat menjadi tumpuhan baru dari khazanah pemikiran lama ibnu khaldun oleh pembelajar bahasa non arab. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penerapan prinsip maharah kalam ibnu khaldun 2. Apa saja faktor- faktor yang membantu dalam pelaksanaan penerapan prinsip maharah kalam ibnu khaldun 3. Bagaimana permasalahan-problematika yang dihadapi dalam penerapan. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode Kualitatif Analistis, Diskriptif. Dimulai Langkah pertama adalah heuristik yaitu kegiatan menghimpun jejak-jejak masa lampau atau tahap pengumpulan sumber. Tahap kedua adalah verifikasi yang merupakan kegiatan meneliti sumber-sumber sejarah baik secara ekstern maupun intern. Setelah melakukan verifikasi, selanjutnya melakukan interpretasi teori., baik dari penelitian terdahulu ataupun teori-teori yang ada, lalu diaplikasikan dalam penerapan dan pengujian atas prinsip dan pemikiran ibnu khaldun yang dilaksanakan di pondok pesantren Attanwir, lalu selanjutnya melakukan interpretasi terapan dari penerapan yang dilakukan. Interpretasi atau penafsiran terdiri dari analisis dan sintesis. Analisis berarti menguraikan, dan sintesis berarti menyatukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminurrozi, Ach. Yasykuraminyaskur@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Islam
Linguistik
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Bahasa Arab; maharoh kalam; Ibnu Khaldun
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aminurrozi Ach Yasykur
Date Deposited: 19 Feb 2018 08:34
Last Modified: 19 Feb 2018 08:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23394

Actions (login required)

View Item View Item