Korelasi kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial pada mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam angkatan tahun 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nggozaini, Diki (2018) Korelasi kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial pada mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam angkatan tahun 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Diki Nggozaini_D71214060.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kecerdasan spiritual mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam angkatan tahun 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana perilaku prososial mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam angkatan tahun 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? (3) Adakah korelasi antara kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan tahun 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tingkat kecerdasan spiritual dan perilaku prososial yang terjadi pada mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan tahun 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, sebab kedua aspek tersebut sangat penting sebagai bekal calon guru Pendidikan Agama Islam. Data-data penelitian ini dihimpun dari mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan tahun 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan “r” Product Moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) Persentase kecerdasan spiritual mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2014 UIN Sunan Ampel Surabaya bernilai 47,9% termasuk dalam kategori sedang/cukup, (2) Persentase perilaku prososial mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2014 UIN Sunan Ampel Surabaya bernilai 50% termasuk dalam kategori sedang/cukup, (3) Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial pada mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan tahun 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, dengan hasil perhitungan “r” Product Moment diperoleh nilai t hitung sebesar 0,996 lebih besar dari t tabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abitolkha, Amir Maliki
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan spiritual; perilaku prososial
Subjects: Kecerdasan
Masalah sosial
Perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nggozaini Diki
Date Deposited: 19 Feb 2018 02:05
Last Modified: 19 Feb 2018 02:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23388

Actions (login required)

View Item View Item