Konseling keluarga dengan terapi realitas untuk menangani emosi seorang mahasiswa yang sudah menikah dalam membentuk keluarga sakinah di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riah, Zur (2018) Konseling keluarga dengan terapi realitas untuk menangani emosi seorang mahasiswa yang sudah menikah dalam membentuk keluarga sakinah di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zur Riah Binti Kopelli_B43214130.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pernikahan merupakan peristiwa penting dalam kehidupan pribadi setiap orang. Selain menjalankan perintah Allah, pernikahan juga sebagai sunnah Rasullullah. Selain itu, pernikahan juga dapat diartikan sebagai fondasi bangunan peradaban yang akan melahirkan generasi penerus bagi umat manusia. Dalam membangun mahligai pernikahan, setiap pasangan pasti menginginkan keluarga yang bahagia dan berlimpah berkah. Tujuan utama islam menyatukan laki-laki beriman dengan perempuan beriman dalam suatu pernikahan yaitu agar dapat mencapai sebuah ketenangan, ketenteraman dan kesuksesan hidup, mendapat keturunan yang baik, yang nantinya berjuang di jalan Allah untuk sentiasa mengangkat bendera kebenaran dan menyebarkan panji-panji keadilan dan kedamaian di muka bumi ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana proses konseling keluarga dengan terapi realitas untuk menangani emosi seorang mahasiswa yang sudah menikah dalam membentuk keluarga sakinah di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? Bagaimana hasil konseling keluarga dengan terapi realitas untuk menangani emosi seorang mahasiswa yang sudah menikah dalam membentuk keluarga sakinah di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses perlaksanaan Konseling Keluarga Dengan Terapi Realitas Untuk Menangangi Emosi Seorang Mahasiswa Yang Sudah Menikah Dalam Membentuk Keluarga Sakinah Di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dan untuk mengetahui respon dari konseli setelah dijalankan Konseling Keluarga Dengan Terapi Realitas Untuk Menangangi Emosi Seorang Mahasiswa Yang Sudah Menikah Dalam Membentuk Keluarga Sakinah Di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Dalam proses konseling ini, penulis akan menggunakan metode penelitian kualitatif atau disebut dengan metode penelitian naturalistik dan etnographi merupakan sebuah penelitian yang dilakukan di ruang lingkup budaya, alamiah dan berlawanan dengan sifat eksprimental. Dalam metode penelitian kualitatif, instrumennya adalah peneliti itu sendiri. Penulis menggunakan terapi realitas untuk membantu konseli memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh konseli. Hasil akhir dari proses adalah berhasil dengan persentase 100% karena konseli berjaya memecahkan masalahnya serta mampu mengembalikan dan mengawal emosinya. Konseli lebih bersikap tenang dan tidak bersikap agresif terhadap dirinya sendiri serta orang lain. Perkara yang paling penting adalah konseli berjaya mengubah mindsetnya dari negatif kepada positif, yaitu konseli tidak menjadikan statusnya sebagai isteri dan mahasiswa sebagai penghambat baginya untuk membangun keluarga sakinah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riah, Zurzurriyyatantoyyibah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keluarga > Keluarga Islam
Nikah
Uncontrolled Keywords: Konseling keluarga; terapi realitas; emosi; keluarga sakinah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kopelli Zur Riah Binti
Date Deposited: 19 Feb 2018 01:43
Last Modified: 19 Feb 2018 01:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23381

Actions (login required)

View Item View Item