تحليل مقارنة بين كومونو الحوار العميق و التفكير النقدي لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الثامن "ب" في المدرسة المتوسطة الحكومية الأولى سورابايا

Amrullah, Abdul Malik (2018) تحليل مقارنة بين كومونو الحوار العميق و التفكير النقدي لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الثامن "ب" في المدرسة المتوسطة الحكومية الأولى سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Malik Amrullah_D92213080.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa arab telah berkembang dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kedalam empat keterampilan. Yaitu keterampilan mendengar, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Keterampilan diperoleh dengan mengakuisisi bahasa manusia seperti anak-anak. Akuisisi bahasa berarti proses bawah sadar yang secara tidak sengaja berkembang dari orang yang kemampuan bahasanya dikembangkan. Dari sini kita memiliki hubungan antara kemampuan berbahasa dan perolehan bahasa, bahwa keduanya saling melengkapi. Keterampilan yang dipelajari siswa dari perolehan bahasa di sekitar mereka dan diatur dalam keterampilan belajar mulai dari keterampilan mendengarkan dan kemudian diterapkan untuk berbicara dan berlatih membaca, dan terakhir praktik penulisan. Atas dasar pemaparan di atas, maka peneliti mencoba menggunakan sebuah penelitian dengan judul “Analisis Perbandingan Model Pembelajaran KUMON Dan DD/CT Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIII-B Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Surabaya” dengan rumusan masalah: 1) bagaimana kemampuan menulis siswa kelas VIII-B di MTsN 1 Surabaya?. 2) bagaimana penerapan model KUMON pada siswa kelas VIII-B di MTsN 1 Surabaya?. 3) bagaimana penerapan model DD/CT pada siswa kelas VIII-B di MTsN 1 Surabaya?. 4) bagaimana perbandingan model pembelajaran KUMON dan DD/CT dalam penerapannya pada siswa kelas VIII-B di MTsN 1 Surabaya? Metode penelitian ini dinamakan dengan metode kuantitatif, peneliti juga menggunakan 4 cara dalam pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwasanya nilai dengan model pembelajaran DD/CT lebih besar daripada model pembelajaran KUMON, untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII-B di MTsN 1 Surabaya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Thohir, Muhammad
Uncontrolled Keywords: Model KUMON; model DD/CT; keterampilan menulis
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Amrullah Abdul Malik
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:23
Last Modified: 15 Feb 2018 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23365

Actions (login required)

View Item View Item