Pengembangan pembelajaran Matematika menggunakan pendekatan teori Pavlov dan teori Ibnu Khaldun Setting Kooperatif untuk melatihkan pembentukan karakter sosial

Afifah, Ely Nur (2018) Pengembangan pembelajaran Matematika menggunakan pendekatan teori Pavlov dan teori Ibnu Khaldun Setting Kooperatif untuk melatihkan pembentukan karakter sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ely Nur Afifah_D04213007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pengembangan, kevalidan kepraktisan dan keefektifan penegembangan perangakat pembelajaran yang terdiri atas RPP, bukan siswa dan LKS dengan menggunakan setting pembelajaran kooperatif mengunakan pendekatan teori Pavlov dan teori khaldun. Selain itu, penelitian ini dapat melatihkan pembentukan karakter social siswa. Untuk memperoleh data tersebut peneliti melakukan penelitian di SMP Darul Ulum Gedongan kelas IX-A yang berjumlah 26 siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model R&D, adapun tahapannya yakni tahap pendahuluan, tahap perancangan produk dan perangkat, tahap validasi dan uji coba terbatas. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil keterlaksanaan sintaks, angket respon siswa, dan aktivitas sosial siswa setelah pembelajaran menggunakan pendekatan Pavlov dan Ibnu Khaldun. Data penelitian dianalisis kemudian hasilnya adalah sebagai berikut: pada proses pengembangan pembelajaran memperoleh data bahwa sekolah tersebut menggunakan kurikulum 2013, karena penelitian ini dilakukan pada bab statistika sehingga menggunakan KD 3.10 dan 4.10 pada semester 1. Kevalidan RPP berkategori valid dengan rata-rata sebesar 3,65; kevalidan buku siswa berkategori valid dengan rata-rata sebesar 3,73; kevalidan LKS berkategori valid dengan rata-rata sebesar 3,7; kepraktisan untuk RPP memiliki rata-rata dari penilaian tiga validator yakni 3,3 yang berarti dalam kategori praktis; kepraktisan buku siswa sebesar 3,6 yang berarti dalam kategori praktis; dan kepraktisan LKS sebesar 3,2 yang berarti dalam kategori praktis. Pembelajaran tersebut memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase keterlaksanaan sintaks sebesar 89% pada pertemuan pertama dan 96% pada pertemuan kedua; persentase aktivitas sosial siswa yang mendukung tujuan pembelajaran lebih besar daripada persentase yang tidak mendukung pembelajaran; respon siswa sebesar 77,6% berkategori efektif; dan hasil belajar sebagian besar siswa telah memenuhi ketuntasan pembelajaran.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yudi, Usman
Uncontrolled Keywords: Pengembangan pembelajaran; Setting Kooperatif; Pavlov; Ibnu Khaldun
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Afifah Ely Nur
Date Deposited: 15 Feb 2018 07:22
Last Modified: 28 Aug 2018 02:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23359

Actions (login required)

View Item View Item