الرمزية في فكاهية "الفرق بين ماما وبابا" على صفحة فيسبوك :دراسة سيميائية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Richtig, Iqomah (2018) الرمزية في فكاهية "الفرق بين ماما وبابا" على صفحة فيسبوك :دراسة سيميائية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iqomah Richtig_A91214113.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penanda dan petanda serta denotasi dan konotasi pada meme alfarqu bayna mama wa baba. Dalam skripsi ini peneliti memiliki dua rumusan masalah, (1) Bagaimana bentuk-bentuk simbol-simbol dalam meme “alfarqu bayna mama wa baba” pada halaman Facebook? (2) Bagaimana bentuk-bentuk denotasi dan konotasi dalam meme “alfarqu bayna mama wa baba” pada halaman Facebook?. Skripsi ini mendalami makna dari beberapa frasa dan kalimat yang muncul pada postingan meme “alfarqu bayna mama wa baba” yang ditampilkan di halaman Al Nahar. Peneliti menggunakan metode deksriptif kualitatif selama melakukan penelitian ini. Metode ini dimulai dari mengumpulkan data, menganalisa data, memvalidasi data sampai melaksanakan penelitian. Data dari penelitian ini berupa meme yang diposting Al Nahar dan beberapa buku penunjang untuk mendukung proses analisa yang dilakukan peneliti. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena prosedur dari penelitian yang menghasilkan data deksriptif dalam bentuk teks tulis atau pembicaraan orang lain dan kebiasaan yang bisa dianalisa untuk pengumpulan data adalah dalam bentuk kata-kata. Prosedur dalam mengoleksi data adalah mengoleksi data yang berhubungan dengan frasa atau kalimat yang ada di meme “alfarqu bayna mama wa baba”.Pada meme “alfarqu bayna mama wa baba” mengandung penanda dan petanda. Penanda dan petanda yang terkandung di dalam meme “alfarqu bayna mama wa baba” bisa berupa kalimat verbal dan juga visual. Kalimat verbal berupa teks yang muncul di dalam gambar berupa kata, frasa dan kalimat. Sedangkan visualnya berupa gambar yang terdapat di dalam meme. Dalam penelitian ini, peneliti juga menemukan makna denotasi dan konotasi yang terkandung dalam meme “alfarqu bayna mama wa baba”. Berdasarkan sepuluh meme yang diteliti, peneliti dapat menemukan seluruh penanda, petanda, denotatif dan konotatifnya. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pada meme tersebut sosok ibu digambarkan sebagai sosok yang perhatian penuh dengan keluarganya. Sedangkan ayah tidak terlalu perhatian namun sosok yang ditakuti oleh anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Richtig, Iqomahaiqoelhaq@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Semiotik; Simbol; Meme
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Richtig Iqomah
Date Deposited: 20 Feb 2018 01:43
Last Modified: 20 Feb 2018 01:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23357

Actions (login required)

View Item View Item